Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apakah Penderita Diabetes Harus Berhenti Total Konsumsi Gula? Ternyata Oh Ternyata…

Apakah Penderita Diabetes Harus Berhenti Total Konsumsi Gula? Ternyata Oh Ternyata… Kredit Foto: Pexels/Karolina Grabowska
Warta Ekonomi, Jakarta -

Diabetes adalah kondisi kesehatan kronis yang merujuk pada insulin yang tidak dapat lagi bekerja sebagaimana mestinya sehingga gula yang seharusnya menjadi energi malah menumpuk dan menimbulkan berbagai macam masalah.

Dengan kondisi tubuh yang tidak lagi optimal, penderita diabetes wajib menjaga asupan makanan. Pilihan untuk mencoba beranekararagam makanan mulai menipis seiring manajemen gula darah yang tidak dapat lagi berjalan dengan baik.

Karena sangat terkait dengan gula darah. Tidak sedikit anggapan di tengah masyarakat bahwa konsumsi gula termasuk makanan manis harus benar-benar dihentikan oleh penderita diabetes. Apakah hal itu benar? Bagaimana penjelasannya?

Baca Juga: Ya Ampun… Penderita Diabetes Nggak Boleh Makan Permen, Duh… Kata Siapa? Pahami Dulu Hal Ini!

Mengutip laman kesehatan WebMD, menghitung karbohidrat dan memilih yang paling sehat lebih penting daripada menghilangkan gula sama sekali. Sedikit makanan manis tidak masalah.

Melansir laman diabetes.org.uk, Makan makanan manis sesekali tidak masalah dan tidak perlu Anda benar-benar berhenti mengonsumsinya. Makanan manis sebagai camilan untuk penderita diabetes terkadang justru dibutuhkan.

Untuk beberapa penderita diabetes, minuman manis/camilan manis atau tablet glukosa sangat penting untuk mengobati hipo, yakni kondisi ketika kadar glukosa darah Anda terlalu rendah.

Mewaspadai Gula yang Tidak Disadari

Perlu diingat untuk konsumsi makanan atau minuman manis yang mengandung gula hanya boleh sesekali sebagai bagian diet seimbang Anda. Tidak bisa Anda terus menerus mengonsumsi makanan manis apalagi jumlahnya sangat banyak.

Baca Juga: Ingat Ya... Telinga Berdenging Bukan Berarti Lagi Diomongin, tetapi karena...

Tanpa disadari banyak kandungan gula di dalam makanan ataupun minuman yang selama ini mungkin Anda konsumsi.

Jumlah gula harian maksimum yang direkomendasikan adalah 30g untuk orang dewasa ukuran ini adalah sekitar tujuh sendok teh sehari. Mengingat bahwa satu sendok makan saus tomat mengandung sekitar satu sendok teh gula, biskuit cokelat memiliki hingga dua sendok gula, dan satu porsi kecil kacang panggang hampir tiga sendok gula, maka Anda harus waspada pada tamabahan gula dari makanan yang selama ini Anda kosumsi.

Kelebihan berat badan dapat mempersulit pengelolaan diabetes dan meningkatkan risiko terkena masalah kesehatan serius seperti penyakit jantung dan stroke di masa depan. Terlalu banyak gula juga tidak baik untuk gigi Anda.

Baca Juga: Duh Aduh... Makin Ngeri Aja, Studi Menunjukkan Penurunan Drastis Efektivitas Vaksin

Penulis: Bayu Muhardianto
Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan