Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lakukan Hal Ini untuk Optimalkan Kesehatan Tulang Anak

Lakukan Hal Ini untuk Optimalkan Kesehatan Tulang Anak Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi -

Memupuk kekuatan tulang penting dilakukan sejak dini. Berdasarkan data dari Petits Filous Survey, delapan dari 10 orang tua menyadari pentingnya menjaga kesehatan tulang anak. Akan tetapi, hanya kurang dari seperlima orang tua yang benar-benar melakukan langkah tepat untuk memupuk kesehatan dan kekuatan tulang anak.

Dr Nisa Aslam mengatakan, masa kanak-kanak merupakan waktu yang terbaik untuk memastikan tulang mendapatkan apa yang dibutuhkan. Dengan begitu, kepadatan mineral dan kekuatan tulang bisa terjaga secara optimal di kemudian hari.

Baca Juga: Waduh… Penderita Diabetes Mengonsumsi Mayones, Memangnya Aman? Ternyata Oh Ternyata…

"Membiarkan tulang kekurangan vitamin, protein, mineral, dan olahraga bisa memberikan efek merugikan, yang sering kali tidak disadari sampai nanti saat kepadatan tulang mulai menurun," jelas Dr Aslam, seperti dilansir Well Being News, belum lama ini.

Ada empat hal yang bisa dilakukan orang tua untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang anak mereka sejak dini. Berikut ini adalah keempat hal tersebut.

Makanan berkalsium tinggi

Ada beragam opsi makanan berkalsium tinggi yang dapat membantu menunjang kesehatan dan kekuatan tulang anak. Dalam satu sajian yoghurt tanpa pemanis misalnya, terdapat 300 ml kalsium.

Kandungan ini dapat mencukupi hampir seluruh kebutuhan kalsium anak berusia 4-6 tahun dalam satu hari. Dalam rentang usia tersebut, anak membutuhkan sekitar 450-1.000 mg kalsium per hari.

Selain produk susu, ada beragam opsi makanan lain yang juga kaya akan kalsium. Beberapa di antaranya adalah sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, serta susu berbasis tanaman atau roti yang sudah difortifikasi.

Prioritaskan vitamin D

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan