Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hasil Survei Terbaru Pew Research Center: 16% Orang Amerika Pakai Cryptocurrency

Hasil Survei Terbaru Pew Research Center: 16% Orang Amerika Pakai Cryptocurrency Kredit Foto: Unsplash/Executium
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sebuah survei yang dirilis oleh Pew Research Center pada hari Kamis, (11/11) menemukan bahwa sekitar 16% orang Amerika telah berinvestasi, berdagang, atau menggunakan beberapa bentuk cryptocurrency. Jumlahnya melonjak menjadi 31% untuk orang berusia 18-29 tahun, dan bahkan lebih tinggi menjadi 43% untuk pria dalam kelompok usia yang sama.

Melansir dari Cointelegraph, peserta kulit hitam, Hispanik, dan Asia dalam penelitian ini juga masing-masing lebih mungkin berinvestasi dalam kripto daripada mereka yang mengidentifikasi diri mereka sebagai kulit putih. Tampaknya tidak ada perbedaan pendapatan. 

Baca Juga: Gokil! Miliarder Ini Pamer Cuan dari Cryptocurrency, Begini Cara Biar Untung Besar!

Analis Pew Research, Andrew Perrin mengatakan, "Kami melihat sekarang bahwa sebagian besar publik Amerika telah mendengar setidaknya sedikit tentang cryptocurrency. Sangat mengejutkan melihat bagaimana ada perbedaan demografis dalam kesadaran dan penggunaan cryptocurrency.”

Sampel survei ini terdiri dari 10.371 orang dewasa yang dipilih dari Pusat Tren Amerika. Panel tersebut direkrut dengan sampel alamat acak nasional, dan kemudian ditimbang oleh sejumlah faktor termasuk etnis, partai politik, gender, dan pendidikan.

Anggota panel juga disurvei tentang apakah mereka pernah mendengar tentang cryptocurrency sama sekali. Hampir seperempat responden (24%) mengatakan bahwa mereka telah mendengar banyak tentang kripto, sementara hampir dua pertiga (62%) mengatakan mereka telah mendengar beberapa.

Sekitar seperdelapan (13%) tidak pernah mendengar sama sekali tentang kripto. Ada beberapa perbedaan berdasarkan ras, jenis kelamin, usia, dan pendapatan di tab silang untuk pertanyaan ini juga.

Orang Amerika keturunan Asia adalah yang paling mungkin (43%) melaporkan mengetahui banyak tentang cryptocurrency. Hanya antara 25% dan 29% dari semua kelompok etnis lain yang melaporkan sangat berpengetahuan tentang cryptocurrency.

Sementara tingkat investasi kripto tidak bervariasi di seluruh kelompok pendapatan, tingkat responden yang mengklaim pengetahuan tinggi tentang kripto meningkat secara proporsional dengan pendapatan di sini. Sama seperti dengan tingkat investasi kripto, ada korelasi kuat antara pemuda dan laki-laki dalam hal pengetahuan kripto yang dilaporkan di survey ini.

Pada tahun 2015, Pew melakukan survei yang menanyakan pertanyaan serupa (meskipun tidak persis sama) tentang Bitcoin (BTC), daripada cryptocurrency secara keseluruhan. Saat itu, hasilnya sangat berbeda.

Hanya 1% dari mereka yang disurvei mengatakan bahwa mereka telah berinvestasi di Bitcoin, dan hanya 48% yang pernah mendengar tentang Bitcoin sama sekali. Responden yang pernah mendengar tentang Bitcoin condong ke pria kulit putih berpendidikan perguruan tinggi dengan pendapatan tinggi.

 

Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel:

Video Pilihan