Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ajak Go Digital, Tokko Rambah UMKM di Kota Pahlawan

Ajak Go Digital, Tokko Rambah UMKM di Kota Pahlawan Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Surabaya -

TOKKO, aplikasi untuk membuat toko online yang mendorong UMKM untuk jualan online beneran dengan memaksimalkan produk dan layanannya, kembali meluncurkan TOKKO Semesta di Surabaya, menyusul kesuksesan TOKKO Semesta Bandung yang diluncurkan Oktober 2021 lalu.

TOKKO Semesta adalah sebuah komunitas yang mewadahi dan melakukan pendampingan kepada pelaku usaha yang ingin fokus mengembangkan bisnisnya. Peluncuran TOKKO Semesta di Kota Pahlawan ini bertujuan untuk mendorong lebih banyak UMKM di Jawa Timur khususnya Surabaya untuk dapat beradaptasi dan bergerak lebih cepat mengembangkan usahanya dengan berjualan online. 

Peluncuran TOKKO Semesta ini dikukuhkan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, serta manajemen TOKKO, Fandy Silalahi (VP of Community & Merchant Success TOKKO), dan Tri Sukma Anreianno (VP of MSME Growth). Baca Juga: Bantu UMKM Go Digital, Kang Emil Acungi Jempol Kehadiran Tokko

Tri Sukma Anreianno, VP of MSME Growth TOKKO mengatakan, pandemi memberikan tantangan bagi mayoritas UMKM, kebutuhan untuk go-digital sudah menjadi keharusan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Namun, pihaknya memahami tantangan lain yang dihadapi oleh UMKM setelah go-digital yaitu persaingan ketat di market online yang membutuhkan strategi, kekuatan produk, serta pemahaman yang baik terhadap pelanggan agar brand mereka dapat terus bertahan.

"Untuk itu, dengan berbagai pendampingan yang didapatkan di TOKKO Semesta, UMKM di Surabaya dapat lebih siap menghadapi kompetisi dengan meningkatkan kemampuan dan jaringan bisnisnya," ujarnya di Surabaya, Jawa Timur, baru-baru ini.

Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur dalam sambutan di Peresmian TOKKO Semesta Surabaya menyampaikan, UMKM memiliki peranan yang sangat vital dalam perekonomian Jawa Timur. Kontribusi UMKM pada PDRB Jawa Timur tahun 2020 mencapai 57,25 persen atau setara dengan Rp1 triliun. Artinya perkuatan UMKM di Surabaya dan Jawa Timur secara keseluruhan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih pesat di daerah.

"Saya sangat mengapresiasi kontribusi TOKKO dalam mendorong kemajuan UMKM di Jawa Timur, sehingga daya saing UMKM ini dapat terus  meningkat dan terus berjuang mengambil peran dalam pemulihan ekonomi nasional dan daerah," papar Khofifah.

“Saat ini Pemprov Jatim telah melakukan upaya penguatan UMKM seperti kurasi produk melalui Rumah Kurasi BI yang merupakan satu-satunya di Indonesia, sertifikasi kurator oleh KADIN, dan pendampingan agar usaha mereka dapat lebih dikenal dan lebih maju. Di kesempatan ini, saya ucapkan selamat datang TOKKO Semesta di Jawa Timur, ayo rangkul lebih banyak UMKM di Jawa Timur dan terus mengambil bagian dalam upaya transformasi digital di Indonesia," tambahnya.

Fandy Silalahi VP of Community & Merchant Success TOKKO mengatakan, sejalan dengan semangat memperkuat kompetensi UMKM daerah, TOKKO Semesta hadir untuk memberikan pelatihan gratis secara online dan offline pada komunitas-komunitas UMKM dan pebisnis di Surabaya. Baca Juga: Bantu Tingkatkan Penjualan UMKM, Modalku Salurkan Pendanaan ke 4.000 Merchant Shopee

"Kami berharap dapat mendorong kemajuan ribuan UMKM lokal dan pebisnis yang berdaya saing dan fokus jualan online bergabung di TOKKO Semesta. Hingga saat ini, kami telah melakukan pendampingan pada lebih dari 40 komunitas UMKM di Surabaya, dan kami berkomitmen untuk memperluas jangkauan pendampingan ini ke seluruh wilayah di Jawa Timur untuk mendukung langkah sukses usaha mereka," cetusnya.

Dalam acara peluncuran TOKKO Semesta Surabaya ini, para pelaku usaha di Jawa Timur diundang untuk mendapatkan mentoring dari pebisnis sukses seperti Masterchef Deasy, pemilik usaha sambal legendaris Surabaya Bu Rudy, Lany Siswadi, dan Edho Zell pegiat sosial media yang juga memiliki usaha kuliner seperti Nyapii.id dan Warteggratis. 

Para pebisnis sukses ini akan berbagi kisah bagaimana mengatasi tantangan usaha seperti mengintegrasikan usaha offline dan online, pentingnya pemasaran digital untuk mendongkrak penjualan, serta manajemen customer. 

Adapun saat ini TOKKO telah memiliki 2,5 juta pengguna di seluruh Indonesia yang terdiri dari pelaku usaha kecil, menengah dan besar. TOKKO Semesta menghadirkan pelatihan rutin bagi UMKM yang menyasar pada pengembangan usaha UMKM seperti teknik pemasaran digital, membangun brand dan memperluas jangkauan dengan  penentuan target pasar dan iklan digital, meningkatkan kualitas brand dengan pemahaman kekuatan produk, dan masih banyak lagi.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Bagikan Artikel: