Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Nggak Nyangka! Cocok Cegah Diabetes, Ternyata Biji Buah Ini Mampu Menurunkan Lonjakan Gula Darah

Nggak Nyangka! Cocok Cegah Diabetes, Ternyata Biji Buah Ini Mampu Menurunkan Lonjakan Gula Darah Kredit Foto: Foto/Istimewa.
Warta Ekonomi, Jakarta -

Diabetes adalah kondisi kesehatan kronis yang merujuk pada insulin yang tidak dapat lagi bekerja sebagai mana mestinya sehingga gula yang seharusnya menjadi energi malah menumpuk dan menimbulkan berbagai macam masalah.

Fakta bahwa sampai saat ini belum ada obat diabetes yang mampu menghilangkan diabetes secara penuh harusnya bisa mulai menyadarkan kita semua tentang pentingnya menerapkan pola hidup yang sehat.

Salah satu cara untuk menghindari atau tidak memperburuk diabetes adalah menjaga pola makan yang sehat dan ramah kondisi diabetes.

Baca Juga: Duh… Ngeri Banget Ternyata Diabetes Bisa Sebabkan Hormon Testosteron Rendah, Tidak Bisa Ereksi?

Disebut ramah diabetes kaarena memang meskipun makanan tersebut tergolong sehat bukan berarti bisa menghadirkan manfaat untuk penderita diabetes, atau bahkan sebaliknya.

Maka penting untuk memiliki pengeahuan mendasar tentang makanan ataupun minuman yang ramah untuk penderita diabetes agar hal-hal yang tidak dingingkan bisa dihindari.

Ternyata ada biji buah yang diyakini bisa membantu mencegah risiko terkena diabetes karena mampu menurunkan kadar gula darah.

Melansir laman Express (24/11/21) menurut laman kesehatan Healthline, biji labu kaya akan karbohidrat yang disebut polisakarida, yang telah menunjukkan efek pengaturan gula yang kuat dalam penelitian sebelumnya.

"Perawatan dengan ekstrak labu dan bubuk telah terbukti secara signifikan menurunkan kadar gula darah dalam penelitian manusia dan hewan," lanjutannya.

Biji labu sangat bergizi dan memiliki antioksidan yang kuat. Bijinya dikemas dengan protein dan lemak, yang menjadikannya pilihan yang baik untuk menurunkan gula darah setelah makan.

Menurut satu studi 2018, mengonsumsi dua ons biji labu dapat mengurangi gula darah pasca makan hingga 35 persen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Para peneliti menyimpulkan bahwa biji labu memiliki potensi sebagai makanan hipoglikemik, yang sekarang layak untuk dikonfirmasi dalam studi jangka panjang.

Penulis: Bayu Muhardianto
Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan