Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tahun ini Biaya Transaksi Rata-rata Bitcoin Turun 57,97%

Tahun ini Biaya Transaksi Rata-rata Bitcoin Turun 57,97% Kredit Foto: Unsplash/André François McKenzie
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menurut data YCharts, biaya transaksi rata-rata Bitcoin (BTC) telah turun dari 4,40 dolar menjadi 1,80 dolar tahun ini, turun 57,97%. Penurunan ini mungkin disebabkan oleh berbagai faktor.

Salah satu penjelasannya adalah bahwa ekspansi cepat Bitcoin Lightning Network, di mana transaksi berada di luar blockchain, mungkin menjadi katalisator.

Baca Juga: APCASI: Ini Alasan Mengapa Cangkang Sawit Indonesia Diminati Banyak Negara

Melansir dari Cointelegraph, Selasa (30/11) untuk perspektif, jaringan Bitcoin membebankan biaya untuk setiap transaksi. Pembayaran ini kemudian dibagi di antara para penambang. Ketika jaringan padat dan permintaan untuk pemrosesan transaksi jauh melampaui pasokan penambang, pengguna sering kali membayar lebih.

Pada tanggal 21 April, biaya transaksi rata-rata pada jaringan Bitcoin mencapai level tertinggi sepanjang masa sebesar 62,8 dolar per transaksi karena pemadaman penambang di China memperlambat produksi blok pada saat permintaan Bitcoin kuat.

Penurunan biaya dapat dikaitkan dengan penambang Bitcoin menjadi kurang skeptis dan tidak kehilangan minat dalam memproses transaksi. Ketika ini terjadi, kesulitan penambangan, yang mengukur seberapa sulitnya memvalidasi transaksi Bitcoin, turun.

Alasan lain yang mungkin untuk penurunan biaya transaksi adalah decongestion dari mempool, yang merupakan kumpulan dari semua transaksi yang tertunda sebelum dikonfirmasi. Ketika sebuah transaksi dikirim ke jaringan Bitcoin, transaksi tersebut tetap berada di dalam mempool hingga menerima konfirmasi. Karena setiap blok BTC memiliki ukuran tertentu 1MB, mempool yang besar dapat mendorong penambang untuk menyukai transaksi yang lebih menguntungkan.

Selama kasus ini, pelanggan mulai membayar lebih agar transaksi mereka tidak terjebak di mempool. Hal ini yang juga faktor meningkatnya biaya transaksi keseluruhan pada jaringan Bitcoin.

Rata-rata jumlah transaksi juga turun secara signifikan dalam beberapa bulan terakhir. Rata-rata per hari, ada lebih dari 350.000 transaksi pada awal tahun 2021, namun jumlah tersebut kini turun menjadi antara 250.000 hingga 213.000 transaksi per hari.

Penjelasan lain yang mungkin untuk penurunan biaya transaksi adalah bahwa pedagang dan pemegang Bitcoin cenderung menggunakan lebih sedikit BTC. Penurunan permintaan menyebabkan biaya per token turun, yang menurunkan biaya transaksi.

Sementara itu, biaya Ethereum juga anjlok dengan pasar cryptocurrency lainnya. Biaya transaksi rata-rata jaringan Ethereum adalah 4,90 dolar pada waktu penerbitan, setelah mencapai puncaknya pada 69,92 dolar pada 12 Mei 2021.

Saat minggu baru dimulai, Bitcoin (BTC) kembali ke 57.000 dolar, mengakhiri beberapa minggu yang penuh gejolak yang melihat harga anjlok.

Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Editor: Alfi Dinilhaq

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan