Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Startup Social-Commerce Woobiz Catat Pertumbuhan Positif di Tahun 2021

Startup Social-Commerce Woobiz Catat Pertumbuhan Positif di Tahun 2021 Kredit Foto: Woobiz
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sebagai pelopor awal social-commerce, Woobiz telah menunjukkan pertumbuhan yang signifikan walaupun muncul tantangan baru akibat pandemi selama dua tahun terakhir. Selama 2021, Woobiz telah berhasil memperoleh pertumbuhan Total Processing Value (TPV) sebesar 18 kali lebih besar dari sebelumnya dan pertumbuhan mitra 2 kali lebih besar.

Dalam perjalanannya selama tiga tahun terakhir, pencapaian Woobiz pun mendapat pengakuan dari berbagai pihak, seperti Startup Asia Terbaik dari 101 Top Indonesian Internet Companies & Startups di 2021 yang diselenggarakan oleh BestStartup.Asia; startup pilihan dalam kategori inovasi teknologi dari Mom’s Academy; dan masuk dalam Top 20 Startup dari Startup Studio Indonesia 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo).

Baca Juga: Infobip: Tips Bagi Startup Jalankan Bisnis dan Customer Engagement dengan Omnichanel

"Capaian yang kami dapatkan merupakan simbol dari mitra Woobiz yang mampu bangkit dari keterpurukan dan terus melangkah maju di tengah kondisi yang tidak menentu akibat pandemi. Kami harap dapat makin menjangkau lebih banyak individu dan komunitas di Indonesia dan membantu untuk dapat independen secara finansial," kata Putri Noor Shaqina, Co-Founder Woobiz, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (1/12/2021).

Membangun sistem yang terintegrasi & pemberdayaan mitra

Social-commerce adalah pemanfaatan media sosial untuk promosi, menjual, dan membeli langsung di baik melalui aplikasi media sosial maupun tatap langsung. Perkembangan dari social-commerce disebabkan oleh celah dalam penetrasi e-commerce di area di luar kota-kota besar di Indonesia yang memiliki potensi pasar yang besar. Dengan adanya perantara, seperti reseller penetrasi ke area-area tersebut akan makin besar dan social-commerce menjadi jawaban atas tantangan tersebut.

Social-commerce berupaya menggabungkan antara e-commerce dan interaksi sosial. Adanya perantara yang berinteraksi langsung dengan komunitas maupun lingkungan di sekitarnya, maka akan terbentuk kepercayaan, optimalisasi proses manual, meningkatkan penjualan, serta yang utama adalah pemberdayaan masyarakat di berbagai daerah. Hal ini lah yang menjadi fokus Woobiz selama tiga tahun terakhir.

Dengan Woobiz, mitra dapat memilih produk yang ingin mereka jual dari berbagai brand serta beragam jenis produk yang tersedia di Woobiz Mitra App untuk dijual kembali melalui media sosial, seperti Whatsapp, atau menawarkan produk secara langsung pada komunitas di sekitarnya.

Melalui aplikasi Woobiz Mitra Keliling, mitra dapat melakukan interaksi secara langsung ke toko kecil atau warung di lingkungan sekitarnya maupun melalui Whatsapp untuk menawarkan katalog produk. Setelah mendapat pesanan, mitra kemudian dapat memesan produk secara online melalui aplikasi Woobiz Mitra Keliling.

Woobiz pun memberikan akses pelatihan serta materi pembelajaran tentang bagaimana cara menjual dan mempromosikan produk bagi para mitra melalui Wooniversity. Setelah produk terjual, maka mitra pun akan mendapatkan komisi serta kesempatan memperoleh tambahan keuntungan dengan sistem gamifikasi.

Sebagai startup social-commerce, Woobiz membawa misi untuk membangun platform yang mampu memberdayakan bisnis mikro yang inovatif dengan berfokus pada teknologi yang memberi akses pada individu untuk memperoleh penghasilan dari aktivitas penjualan, membentuk komunitas yang suportif baik dengan mitra komunitas maupun brand yang bekerjasama dengan Woobiz, serta membangun kerja sama dengan pihak-pihak terkait, mulai dari pemerintah hingga komunitas untuk semakin memperkuat dampak positif pada ekosistem yang dibentuk.

Woobiz memiliki tiga nilai utama, yakni pemberdayaan, dampak, dan kepercayaan yang menjadi landasan dalam setiap program yang dihadirkan. Solusi yang terintegrasi dari Woobiz pun ditunjukan dari kemudahan yang dihadirkan bagi masyarakat untuk bergabung, yaitu Woobiz Mitra App, Woobiz Mitra Keliling, serta Woobiz Mitra Training Center atau Wooniversity.

Kini Woobiz telah mampu memberdayakan lebih dari 22,000 mitra di 4 provinsi, yaitu Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur dan Banten, dan 17 kota di seluruh Indonesia, menunjukkan jangkauannya yang luas baik di skala daerah maupun nasional.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: