Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Omongan 'Tajam' Presiden Jokowi Langsung Mengarah ke Kapolda-Kapolres, Polri Bersuara: Intinya...

Omongan 'Tajam' Presiden Jokowi Langsung Mengarah ke Kapolda-Kapolres, Polri Bersuara: Intinya... Kredit Foto: Viva
Warta Ekonomi -

Presiden Joko Widodo mengkritik sejumlah Kapolda ataupun Kapolres yang sowan ke pimpinan organisasi masyarakat (ormas) yang sering membuat keributan. Merespon terhadap kritik tersebut, Polri mengingatkan, agar perilaku setiap jajaran pimpinan di Korps Bhayangkara tak merusak marwah organisasi.

"Untuk itu, Polri tetap harus menjaga marwah organisasi," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, Jumat 3 Desember 2021.

Dalam hal ini, Jokowi dalam arahannya berpesan agar kepolisian tak menggadaikan kewibawaannya hanya karena sowan kepada pelanggar hukum. Di mana, dalam konteks ini ia menyinggung terkait permasalahan ormas.

Karena itu, Dedi menyampaikan, agar kepolisian tak boleh ragu untuk melakukan upaya penegakkan hukum secara profesional dalam bertugas.

Baca Juga: Omongan Presiden Jokowi Kali Ini 'Nusuk' Banget Menyasar Kapolda dan Kapolres Baru: Saya Tanya...

"Intinya seperti itu, agar jangan ragu laksanakan penegakkan hukum secara profesional dan proporsional," ujarnya.

Diketahui, Jokowi menyampaikan kritik tersebut saat memberikan arahan dalam apel Kepala Kesatuan Wilayah (Kasatwil) Polri yang digelar di Bali pada Jumat hari ini. Keluhan tersebut, kata Jokowi, sebenarnya sudah lama ingin dipertanyakan kepada jajarannya di Korps Bhayangkara.

Hanya saja, Jokowi tak merincikan lebih lanjut mengenai identitas Kapolda ataupun Kapolres yang kepergok dirinya sowan ke ormas bermasalah. 

"Saya tanya ke kapolres, kenapa bapak melakukan ini? Supaya kotanya kondusif. Tapi apakah cara itu betul? Hati-hati, jangan menggadaikan kewibawaan dengan sowan kepada pelanggar hukum. Banyak ini saya lihat. Saudara-saudara harus memiliki kewibawaan. Polri harus memiliki kewibawaan," kata Jokowi. 

Baca Juga: Waduh... Jokowi 'Didesak' Pecat Menag Yaqut, KPK Sampai Pemilihan Ketum PBNU Ikut Disebut-sebut

Jokowi juga menitipkan pesan, agar polisi dapat melindungi dan membantu masyarakat yang lemah dan membutuhkan, serta masyarakat yang biasanya terpinggirkan dalam hukum, seperti pedagang kecil.

Menurut dia, Kapolda dan Kapolres juga harus bisa memperhatikan masalah-masalah seperti ini. Ia menegaskan, masalah ini bukan semata-mata tanggung jawab di tingkat Kapolsek, tetapi juga tingkat Kapolres dan Kapolda.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan