Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kabar Baik! Tidak Ada Penyekatan Selama Libur Nataru, Eitss... Ada Tapinya: Yang Vaksin Dua Kali...

Kabar Baik! Tidak Ada Penyekatan Selama Libur Nataru, Eitss... Ada Tapinya: Yang Vaksin Dua Kali... Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memastikan pihak kepolisian dan Dinas Perhubugan tidak akan melakukan penyekatan saat libur Natal dan tahun baru. Masyarakat tetap diperbolehkan berpergian dengan syarat sudah vaksin.

Diketahui pemerintah sebelumnya batal menaikkan PPKM menjadi level 3 saat Nataru.

"Presiden menyampaikan tidak perlu ada penyekatan-penyekatan, tapi diperkuat di tempat ruang-ruang publik itu menggunakan peduli lindungi," kata Tito di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (7/12/2021).

Baca Juga: Jokowi Bunyikan Genderang Perang, Camkan Baik-Baik! Ormas-Ormas Bermasalah Siap-Siap Ya!

Tito menegaskan kembali bahwa masyarakat yang belum vaksin dilarang untuk berpergian.

"Yang vaksin dua kali boleh jalan, yang belum vaksin jangan jalan lah," ujar Tito.

PPKM Level 3 Batal Diterapkan

Pemerintah memutuskan batal menerapkan PPKM level 3 untuk mencegah gelombang Covid-19 pada periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) secara merata di semua wilayah.

Pemerintah mengganti kebijakan tersebut dengan memberlakukan sejumlah pengetatan. Artinya, penerapan level PPKM selama Natal dan Tahun Baru akan tetap mengikuti asesmen situasi pandemi sesuai yang berlaku saat ini, tetapi dengan beberapa pengetatan.

"Syarat perjalanan akan tetap diperketat, terutama di perbatasan untuk penumpang dari luar negeri. Namun kebijakan PPKM di masa Nataru (Natal dan Tahun Baru) akan dibuat lebih seimbang dengan disertai aktivitas testing dan tracing yang tetap digencarkan," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (06/12/2021).

Luhut mengatakan pemerintah memutuskan untuk membuat kebijakan yang lebih seimbang dengan tidak menyamaratakan PPKM di semua wilayah menjelang momen Natal dan Tahun Baru.

Hal itu juga disebabkan penguatan 3T (testing, tracing dan treatment) dan capaian vaksinasi dalam satu bulan terakhir.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan