Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wujudkan Kemasan Berdaya Saing, Kemenperin Luncurkan E-Kemasan IKM

Wujudkan Kemasan Berdaya Saing, Kemenperin Luncurkan E-Kemasan IKM Kredit Foto: Kemenperin
Warta Ekonomi, Jakarta -

Industri pengemasan saat ini tak bisa dipisahkan dari dunia industri secara umum. Fungsi kemasan produk sangat penting sebagai penentu produk agar bisa masuk ke pasar, dibeli, dan digemari para pelanggan.

Agar mutu kemasan produk Industri Kecil Menengah semakin meningkat, Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka membangun platform digital e-Kemasan IKM yang berfungsi menjadi hub antara IKM, rumah kemasan daerah, penyedia bahan dan penyedia teknologi kemasan, serta para pemangku kepentingan lainnya.

Baca Juga: Kemenperin Anugerahi 16 Perusahaan Industri Pencetus Teknologi, Ini Daftarnya

“Sesuai dengan arahan Bapak Presiden, bahwa packaging itu penting dan perlu selalu diperbaiki baik dalam segi branding, warna maupun kemasan, sehingga saat masuk ke pasar barang tersebut enak dilihat serta meningkatkan minat konsumen untuk membelinya. Arahan tersebut menguatkan kami untuk terus meningkatkan daya saing IKM melalui penguatan kemasan,” kata Plt. Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kemenperin, Reni Yanita saat peluncuran platform digital e-Kemasan IKM di Jakarta, Minggu (14/12) pekan lalu.

Baca Juga: Soal Pelabelan BPA, Kemenperin Risih Dibenturkan dengan BPOM

Reni mengungkapkan platform digital e-Kemasan IKM dapat diakses melalui e-klinikdesainmerekemas.kemenperin.go.id. Dalam platform ini, terdapat beragam fitur dan informasi terkait kemasan meliputi data rumah kemasan, mitra kemasan, asosiasi/ komunitas, dan perguruan tinggi. Ada pula referensi KBLI untuk IKM, kalender kegiatan dan event mengenai kemasan, regulasi, artikel hingga e-learning terkait kemasan, dan forum diskusi antar sesama pengguna platform digital.

Selain itu, dalam platform digital e-Kemasan IKM ini terdapat menu dashboard yang tidak hanya bermanfaat bagi Klinik Desain Merek Kemas (KDMK), namun juga bagi rumah kemasan daerah yang bergabung. Di waktu yang akan datang, dashboard ini berisikan data terkait kinerja jasa layanan KDMK ataupun rumah kemasan melalui traffic order desain. Selain itu hasil analisa basis data yang diperoleh dari dashboard dapat digunakan sebagai referensi dalam penyusunan kebijakan.

“Sampai saat ini, antusiasme masyarakat, terutama IKM dan stakeholder kemasan terhadap platform digital e-Kemasan IKM sangat tinggi. Terlihat dari banyaknya stakeholder yang sudah bergabung dalam platform digital e-Kemasan IKM seperti rumah kemasan, supllier bahan kemasan, supplier teknologi pengemasan dan IKM,” kata Reni.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Bagikan Artikel: