Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Meski Menyerang Aspek Berkaitan dengan Otak, Alzheimer Bisa Dicegah dengan Melakukan Olahraga

Meski Menyerang Aspek Berkaitan dengan Otak, Alzheimer Bisa Dicegah dengan Melakukan Olahraga Kredit Foto: Pexels/Micah Boerma
Warta Ekonomi, Jakarta -

Alzheimer berkaitan erat dengan otak dan aspek yang ada di dalamnya (ingatan, dll). Tetapi ternyata dengan malakukan aktivitas fisik seperti olahraga, dapat membantu mencegah risiko terkena Alzheimer.

Mengutip laman Alzheimer’s Association, Alzheimer adalah penyebab paling umum dari demensia, istilah umum untuk kehilangan ingatan dan kemampuan kognitif lainnya yang cukup serius untuk mengganggu kehidupan sehari-hari. Penyakit Alzheimer menyumbang 60-80% dari kasus demensia.

Melakukan aktivitas fisik seperti olahraga adalah bagian penting dalam usaha menjaga kesehatan tubuh. Minimnya aktivitas fisik akan membuat Anda lebih rentan terkena penyakit.

melakukan latihan fisik secara teratur tampaknya menjadi salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko terkena demensia (Alzheimer).

Baca Juga: Yuk Lebih Peduli! Gangguan Kejiwaan Memiliki Keterkaitan dengan Risiko Diabetes Tipe 2

Menyadur laman Alzheimer’s Society, melakukan latihan fisik secara teratur tampaknya menjadi salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko terkena demensia.

Beberapa penelitian yang melihat efek latihan aerobik (olahraga yang meningkatkan detak jantung Anda) pada orang dewasa paruh baya atau lebih tua telah melaporkan peningkatan dalam pemikiran dan memori, dan penurunan tingkat demensia.

Studi prospektif mengikuti kesehatan dan perilaku sekelompok orang dari waktu ke waktu. Beberapa penelitian prospektif telah mengamati orang paruh baya dan efek latihan fisik pada pemikiran dan ingatan mereka di kemudian hari.

Menggabungkan hasil dari 11 penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat secara signifikan mengurangi risiko pengembangan demensia sekitar 30 persen. Khusus untuk penyakit Alzheimer, risikonya berkurang hingga 45 persen.

Meskipun penelitian lebih sedikit telah dilakukan dengan orang tua yang sehat, ada beberapa bukti yang menunjukkan orang tua juga dapat mengurangi risiko demensia dengan olahraga teratur.

Baca Juga: Waspada! Diabetes Jadi Penyakit Mematikan Ketiga Dunia

Dalam sebuah penelitian terhadap 716 orang dengan usia rata-rata 82 tahun, orang-orang yang berada di 10 persen terbawah dalam hal jumlah aktivitas fisik harian lebih dari dua kali lebih mungkin mengembangkan penyakit Alzheimer dibandingkan mereka yang berada di 10 persen teratas.

Sangat penting untuk Anda mengunjungi dokter atau tenaga kesehatan terkait lainnya untuk mendapatkan arahan olahraga mana yang tepat dan aman untuk Anda lakukan dalam usaha mencegah penyakit Alzheimer ini.

Penulis: Bayu Muhardianto
Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan