Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jawab Tantangan di Era Digital, Askrindo Lulus Uji IT Maturity Level dan ISO 27001

Jawab Tantangan di Era Digital, Askrindo Lulus Uji IT Maturity Level dan ISO 27001 Kredit Foto: Askrindo
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dalam menjawab tantangan perubahan era Digital, PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) telah lulus uji pada assessment IT Maturity Level 3.00 menggunakan framework Cobit 5 serta meraih sertifikasi ISO 27001 untuk scope Infrastruktur dan Aplikasi Core System Askrindo. 

Adapun diketahui, IT Maturity Level sendiri merupakan merupakan tingkat kematangan perusahaan dalam menjalankan pengelolaan Teknologi Informasi sesuai dengan ketentuan pedoman pelaksanaan IT Maturity Level Kementerian BUMN, sedangkan ISO 27001 merupakan spesifikasi dalam membangun Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) yang bersifat independen dengan pendekatan manajemen berbasis risiko. 

Baca Juga: Borong 2 Penghargaan Digital Branding dan Digital Campaign, Askrindo Janji Bakal Terus Berinovasi

Dengan mendapatkan Sertifikasi tersebut, Askrindo sebagai anggota Holding Perasuransian dan Penjaminan, Indonesia Financial Group (IFG), menjadi salah satu anak perusahaan BUMN yang mendapatkan IT Maturity Level 3.00 dan ISO 27001. Hal ini juga menjadi dukungan Askrindo terhadap regulasi Kementerian BUMN dengan menerapkan prinsip Tata Kelola Teknologi Informasi, Penyelarasan pengembangan dan implementasi IT terhadap kebutuhan bisnis perusahaan. 

Imam Bustomi, Asisten Deputi Teknologi Informasi Kementerian BUMN, mengatakan Kementerian BUMN mewajibkan pelaksanaan Assestment IT Maturity Level secara Independen kepada semua BUMN dalam menghadapi era digital.

“Berdasarkan Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-02/MBU/2013, bahwa setiap BUMN harus mengutamakan sinergi antar BUMN dalam pemanfaatan dan pengembangan IT, Tata kelola IT serta masterplan IT. Tercapainya nilai maturity Level 3.00 atau Level Defined menggambarkan bahwa perilaku, proses dan proses organisasi IT telah terdefinisikan dengan baik (Governance IT telah sesuai) sehingga dapat menghasilkan sistem informasi yang baik, dan terhindar dari masalah sistem, kehilangan data, aplikasi yang tidak sesuai harapan.” jelas Imam. 

Sementara itu, Priyastomo, Direktur Utama Askrindo, mengatakan bahwa penerapan ISO 27001 dan IT Maturity Level merupakan bentuk kepatuhan perusahaan BUMN terhadap penerapan prinsip keamanan teknologi informasi dan juga komitmen Askrindo dalam menjawab tantangan perubahan jaman dan meningkatkan layanan kepada mitra. 

“Saat ini Askrindo telah melakukan proses Bisnis di seluruh Indonesia, sehingga kami memandang sangat perlu dalam menjaga kerahasiaan nasabah dan perusahaan. Kami mengikuti serangkaian audit dan assessment untuk mendapatkan IT Maturity Level 3.00 dan ISO 27001, di sisi lain juga merupakan bagian dari transformasi teknologi serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap penerapan Good Corporate Governance (GCG) yang dijalankan” ujar Priyastomo. 

Editor: Vicky Fadil

Bagikan Artikel:

Video Pilihan