Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Tahun Fiskal?

Apa Itu Tahun Fiskal? Kredit Foto: Freepik
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tahun fiskal adalah periode satu tahun yang digunakan oleh pemerintah atau perusahaan untuk pelaporan dan penganggaran keuangan. Tahun fiskal dapat dimulai pada 1 Januari hingga 31 Desember. Namun, tidak semua menggunakan tahun fiskal yang sesuai dengan kalender.

Mengetahui tahun fiskal penting bagi perusahaan dan investor mereka karena memungkinkan mereka untuk secara akurat mengukur pendapatan dan pendapatan dari tahun ke tahun.

Negara, perusahaan, dan organisasi dapat memulai dan mengakhiri tahun fiskal mereka secara berbeda, tergantung pada praktik akuntansi dan audit eksternal mereka.

Baca Juga: Apa Itu Tagihan?

Tahun fiskal pemerintah federal AS misalnya berlangsung dari 1 Oktober hingga 30 September. Kemudian, tahun fiskal untuk sebagian besar organisasi nirlaba berlangsung dari 1 Juli hingga 30 Juni. Tahun fiskal yang bervariasi dari tahun kalender biasanya dipilih karena sifat bisnis yang spesifik.

Dalam hal ini, tahun fiskal akan berakhir pada hari yang sama dalam seminggu setiap tahun, mana saja yang paling dekat dengan tanggal tertentu, seperti Sabtu terdekat hingga 31 Desember. Sistem ini secara otomatis menghasilkan sekitar 52 minggu fiskal tahun dan beberapa tahun fiskal 53 minggu.

Satu tahun fiskal mencakup dua belas bulan dan sesuai dengan periode pelaporan keuangan perusahaan. Tahun fiskal mungkin berbeda dari tahun kalender. Tahun fiskal merupakan perhatian penting untuk tujuan akuntansi karena mereka terlibat dalam pengajuan pajak, penganggaran, dan laporan keuangan.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel:

Video Pilihan