Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jokowi Pilih Ahok Jadi Kepala Otoritaria IKN, Ini Alasannya

Jokowi Pilih Ahok Jadi Kepala Otoritaria IKN, Ini Alasannya Kredit Foto: Antara/Wahyu Putro A
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pengamat politik Dedi Kurnia Syah memberi tanggapan terkait sosok yang digadang akan menjabat sebagai kepala otoritaria ibu kota negara baru.

Seperti diketahui, nama mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sangat moncer dan diduga dipilih oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurut Dedi, tak mengherankan jika Ahok akan dipilih oleh Jokowi. Sebab, menurutnya, kedua sosok tersebut memiliki kedekatan.

Baca Juga: Pengamat Blak-blakan Sebut Ahok Tidak Pantas Pimpin Ibu Kota Negara: Sangat Rentan Kontroversi!

"Penunjukan kepala otorita IKN hak absolut Presiden dan membaca kedekatannya dengan Ahok bukan tidak mungkin ditunjuk," ujar Dedi kepada GenPI.co, Senin (24/1).

Menurutnya, peluang Ahok untuk ditunjuk Jokowi cukup besar. Sebab, hal tersebut bukan hal yang sulit untuk seorang presiden.

"Sama mudahnya dengan saat Ahok ditempatkan sebagai komisaris utama Pertamina. Jadi, bukan tidak mungkin Ahok menjabat sebagai kepala otoritaria IKN," ucapnya.

Walaupun Ahok pernah terbukti diputus bersalah dan menjalani hukuman penjara, namun Dedi menilai hal tersebut bukan menjadi masalah.

"Meskipun mencederai moral politik, tapi kemungkinan tersebut tetap ada. Akan tetapi, lebih baik jika orang yang belum pernah memiliki catatan kepolisian memimpin IKN," ucapnya.

Namun demikian, Presiden Jokowi sempat membeberkan kriteria yang dia inginkan untuk menjadi kepala otoritaria IKN.

“Kalau saya inginnya, sih, orang yang punya latar belakang arsitek dan pernah memimpin daerah. Tapi itu kan keinginan saya,” ujar Jokowi.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel:

Video Pilihan