Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Stt.. Diungkap Hasto PDIP, Terkait Sosok Yang Pimpin IKN Nusantara Jokowi Telah...

Stt.. Diungkap Hasto PDIP, Terkait Sosok Yang Pimpin IKN Nusantara Jokowi Telah... Kredit Foto: Twitter/Hasto Kristiyanto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, menyebutkan kalau Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang menyaring nama-nama figur yang akan dipilih sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Siapapun yang diharapkan bisa memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan. 

"Jadi saya mendengar ada banyak nama yang telah disaring dipertimbangkan oleh bapak presiden Jokowi," kata Hasto ditemui di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Kamis (27/1/2022). 

Baca Juga: Namanya Digadang-Gadang Pimpin Ibu Kota Baru, Eh Ridwan Kamil Bilang Tidak Bisa...

Kendati begitu, Hasto enggan membeberkan siapa-siapa figur yang dipertimbangkan oleh Jokowi tersebut. PDIP sendiri, kata dia, menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi terkait siapa figur nantinya yang akan dipilih. 

"Untuk ibu kota negara sepenuhnya diserahkan kepada presiden Joko Widodo," ungkapnya. 

Di sisi lain, memang dalam memimpin IKN Hasto mengatakan, diperlukan sosok pemimpin yang memiliki pandangan yang visioner, komprehensif, dan juga memiliki pemahaman terhadap tata kota.

Sosok tersebut juga diminta bisa memadukan antara gambaran smart city dengan aspek kultural. 

"Untuk mencerminkan bagaimana kebudayaan dr bangsa indonesia dan juga dari pandangan geopolitik dimana sejak zaman Bung Karno Kalimantan itu ditempatkan sebagai koridor yang strategis di dalam membangun kepemimpinan Indonesia bagi dunia," tuturnya. 

Baca Juga: Kembali Diungkit, Ternyata Dulu Ruhut Sitompul Pernah Jelek-Jelekkan Jokowi

"Tapi siapa yang akan diputuskan itu kami serahkan kepada presiden Jokowi," sambungnya. 

Adapun sejumlah nama yang disebut-sebut pantas memimpin Kepala Otorita IKN di antaranya adalah Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) hingga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Editor: Adrial Akbar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan