Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemitraan Baru Antara Alfagift dan MoEngage, Untuk Pengalaman Ritel yang Mulus dan Intuitif

Kemitraan Baru Antara Alfagift dan MoEngage, Untuk Pengalaman Ritel yang Mulus dan Intuitif Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Jakarta -

Alfagift, divisi digital Alfamart yang menyediakan pengalaman belanja ritel secara online dan offline, telah bermitra dengan MoEngage untuk menghadirkan pengalaman ritel terhubung yang mulus dan lebih intuitif untuk para pelanggan.

Melansir dari siaran resminya, Selasa (08/02) disebutkan bahwa  melalui kemitraan ini, Alfagift telah mengalami peningkatan sebesar 45% dalam basis transaksi bulanan pelanggan dan tingkat retensi 75% dari H0 ke H90. 

Baca Juga: Gaet Alfamart, KAI Service Bidik Bisnis Outlet Retail

“Kami membangun Alfagift karena kami menyadari adanya peluang besar untuk menghadirkan pengalaman berbelanja baru melalui solusi omnichannel dan footprint yang luas bagi anggota setia kami,” kata Erick Alviyendra, Head of IT, Global Loyalty Alfagift.

Ia menambahkan, “MoEngage memungkinkan kami untuk meningkatkan visi Alfagift dan memberikan pengalaman belanja yang relevan dan personal bagi pelanggan, terutama karena e-commerce terus berkembang pesat. Kami telah mampu mempertahankan lebih dari 50% pelanggan melalui aplikasi, yang memberikan hasil signifikan bagi brand kami. Hal ini menunjukkan bahwa apa yang kami lakukan berhasil, dan kami bertujuan untuk membangun pendekatan ini.” 

Untuk diketahui, sebanyak 15.000 gerai Alfamart di berbagai kota, namun, tim Alfagift ingin meningkatkan pengalaman pelanggan dengan memungkinkan pelanggan berbelanja dari mana saja dan kapan saja. Saat ini, Alfagift menjadi salah satu dari 10 aplikasi teratas di Indonesia, dengan lebih dari 10 juta unduhan di Android dan iOS. 

Namun, Erick juga menyampaikan dengan basis pelanggan aktif yang berkembang, pengaturan manual dari proses keterlibatan pelanggan terdahulu terbukti cukup rumit dan belum sempurna. Hal ini menyebabkan kesenjangan dalam menganalisis jumlah Pengguna Aktif Harian (DAU) dan Pengguna Aktif Bulanan (MAU), yang pada akhirnya menyebabkan penurunan dan penghapusan aplikasi seluler. 

"Dengan visi untuk membuat Alfagift lebih intuitif dan relevan bagi pelanggan, Alfagift bermitra dengan MoEngage dan merancang strategi keterlibatan pelanggan berbasis wawasan," tuturnya.

Berikut staregi keterlibatan antara keduanya: 

  • Meningkatkan keterlibatan dan retensi pelanggan pada aplikasi dengan menciptakan perjalanan pelanggan: Menggunakan Alur MoEngage, Alfagift memungkinkan pelanggan untuk terlibat di setiap langkah perjalanan pembelian mereka. Alfagift melihat adanya 29% peningkatan dalam perjalanan pemasangan aplikasi hingga pendaftaran.
  • Meningkatkan Pengguna Aktif Harian (DAU) dan Pengguna Aktif Bulanan (MAU) dengan mendorong adopsi dan menawarkan komunikasi berbasis perjalanan yang relevan di berbagai saluran: Dengan menggunakan strategi keterlibatan yang intuitif dengan campuran saluran berdasarkan tahap tindakan dan perjalanan, Alfagift meningkatkan DAU menjadi 214 ribu dan MAU menjadi 1,4 juta. Secara keseluruhan, tim Alfagift mengamati adanya lompatan 2 kali lipat dalam pemasangan aplikasi baru dengan peningkatan 45% di DAU.
  • Meningkatkan kerekatan aplikasi dengan menawarkan diskon yang relevan menggunakan wawasan dan preferensi belanja: Alfagift bekerja sama dengan MoEngage untuk menyoroti manfaat terkait loyalitas seperti poin, stempel, dan voucher untuk membeli produk apa pun. Hasilnya, Alfagift dapat mempertahankan 75% pelanggan dari H0 hingga H90.

General Manager SEA dan ANZ, MoEngage, Saurabh Madan mengatakan ketika industri e-commerce semakin terus berkembang, sangat penting bagi brand seperti Alfagift untuk menonjol dari kerumunan melalui pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi dan seamless serta bermakna dan relevan.

"Keterlibatan berbasis wawasan akan menjadi jalan ke depan dalam ekonomi digital, dan kami berharap dapat memperkuat kemitraan kami dan memungkinkan Alfagift mencapai tingkatan yang lebih tinggi,” kata Saurabh.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel: