Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Amati Perilaku Digital Konsumen di Masa Pandemi, Google Berikan 5 Rekomendasi Strategi untuk Brand

Amati Perilaku Digital Konsumen di Masa Pandemi, Google Berikan 5 Rekomendasi Strategi untuk Brand Kredit Foto: Unsplash/ Duncan Meyer
Warta Ekonomi, Jakarta -

Google mengamati pergeseran tren perilaku digital konsumen selama masa pandemi. Perilaku ini kemudian dirangkum dalam laporan terbaru Google bertajuk Year in Search 2021: Look Back to Move Your Business Forward yang menyajikan tren konsumen, baik yang diamati di masyarakat luas maupun melalui lensa spesifik industri.

Baca Juga: Laporan Google: Makin Banyak Masyarakat yang Perhatikan Keamanan Online dan Kelestarian Lingkungan

“Orang Indonesia membuka Google Search untuk mencari ide dan inspirasi, tetapi juga untuk memahami perubahan dan tantangan yang dihadirkan oleh pandemi. Laporan ini sungguh dapat membantu brand dan pemasar mengidentifikasi pergeseran utama perilaku konsumen dan apa yang harus diketahui ke depannya,” ujar Yolanda Sastra, Head of Ads Marketing, Google Indonesia, dalam diskusi virtual, Selasa (22/2/2022).

Dalam laporan tersebut, Google melihat bagaimana sejumlah sektor utama mengalami perubahan dalam periode satu tahun yang sama dari Agustus 2020-Agustus 2021.

Misalnya, pada sektor perawatan kecantikan dan diri, orang Indonesia ingin tahu tentang jenis produk baru, dengan minat penelusuran naik 133% untuk “ceramides” dan lebih dari 30 kali lipat untuk “bakuchiol”. Perawatan pria juga mengalami peningkatan penelusuran untuk “serum pria” sebesar 57% dan “facial wash men” (sabun muka pria) sebesar 62%.

Kemudian, pada sektor keuangan, makin banyak orang Indonesia berusaha menambah pengetahuan keuangan mereka untuk menyiapkan masa depan, dengan kenaikan penelusuran “belajar investasi” sebesar 83% dan “aplikasi investasi” sebesar 70%.

Baca Juga: Gak Ada Lawan! Presiden El Salvador Tawarkan Kewarganegaraan Bagi Investor Asing

Pergeseran perilaku konsumen juga terjadi di sektor makanan dan minuman yang menunjukkan orang Indonesia mencari opsi makanan yang lebih sehat, dengan penelusuran makanan “plant-based” yang naik 233% dan “susu rendah lemak” yang naik 69%.

Di sektor media dan hiburan, game kian digemari dengan peningkatan penelusuran “mabar online” sebesar 70%, “walkthrough video game” sebesar 30%, dan topik terkait kompetisi e-sport sebesar 200%.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Aldi Ginastiar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan