Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Siap-siap Capai Akselerasi Ekonomi di Era Endemi, Kadin Fokus Dorong UMKM Masuk Pasar Global

Siap-siap Capai Akselerasi Ekonomi di Era Endemi, Kadin Fokus Dorong UMKM Masuk Pasar Global Kredit Foto: Imamatul Silfia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Ketua Umum KADIN Shinta Kamdani mengatakan pihaknya bersama dengan pemerintah tengah berfokus pada upaya pengembangan UMKM agar dapat masuk ke pasar global. Upaya ini merupakan salah satu persiapan mencapai akselerasi perekonomian melalui keberhasilan transisi pandemi ke endemi.

"Meskipun pasar di Indonesia sudah mulai berangsur pulih, tetapi banyak UMKM yang gulung tikar akibat dari pandemi COVID-19. Mengingat sebanyak 95% dari pelaku usaha di Indonesia merupakan UMKM, pergerakan UMKM merupakan kunci dari sinyal positif perekonomian di Indonesia," kata Shinta saat DBS Asian Insights Conference 2022 yang digelar secara virtual, Senin (21/3/2022).

Baca Juga: Perkuat Sinergi Ketenagakerjaan, Kadin Gandeng Kemenaker, BPJS dan Asosiasi

Dalam upaya tersebut, Shinta mengaku menggunakan pendekatan terintegrasi dengan menitikberatkan pada kemitraan dengan UMKM yang dapat dicapai melalui UU Cipta Kerja.

"Melalui kebijakan ini kita dapat mengembangkan upstream dan downstream secara cepat, karena kebijakan ini dapat menarik investor ke Indonesia yang nantinya akan membuka peluang yang lebih besar bagi pelaku ekonomi untuk mengakselerasi bisnisnya, dan membantu menggairahkan perekonomian nasional,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Chief Economist DBS Taimur Baig merekomendasikan agar pemerintah dapat mempermudah sistem administrasi bagi para UMKM. Dengan begitu, UMKM dapat berkembang dengan cepat, baik di taraf regional maupun global.

Taimur Baig juga menambahkan bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pemerintah Indonesia. Dalam beberapa tahun ke depan, Indonesia seyogyanya mulai merancang strategi perekonomian untuk pasar regional dan global. "Dengan memanfaatkan kemudahan akses dan membuka peluang kerja sama secara regional dapat memicu para pelaku usaha menjadi lebih kompetitif," ujar Taimur Baig.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel:

Video Pilihan