Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pembiayaan Fintech Lending Berperan Penting Selamatkan UMKM di Masa Pandemi

Pembiayaan Fintech Lending Berperan Penting Selamatkan UMKM di Masa Pandemi Kredit Foto: Imamatul Silfia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Riset yang dilakukan Tenggara Strategics menunjukkan dukungan pembiayaan dari fintech lending menjadi salah satu kunci yang membantu pelaku UMKM bangkit dari dampak pandemi Covid-19.

Hal ini salah satunya tercermin dari 96% peminjam di perusahaan fintech lending Investree dari segmen mikro (jumlah pinjaman kurang dari Rp4,5 juta per tahun) dapat mempertahankan pendapatan mereka selama pandemi.

Baca Juga: Investree Sambut PT Danareksa sebagai Lender Institusi, Perkuat Dukungan Pembiayaan Demi UMKM Pulih

"Temuan ini menarik sekaligus memperkuat gagasan bahwa alternatif pembiayaan fintech lending memberikan dampak positif bagi ketahanan bisnis UMKM," kata Riyadi Suparno, Executive Director Tenggara Strategics, dalam konferensi pers yang dipantau secara virtual, Kamis (24/3/2022).

Selain itu, Investree turut berperan dalam membuka lapangan pekerjaan baru. Berdasarkan temuan Tenggara Strategics, sebanyak 14% peminjam dari segmen kecil (jumlah pinjaman kurang dari Rp5,5 miliar per tahun) serta 39% peminjam dari segmen menengah (jumlah pinjaman lebih dari Rp5,5 miliar per tahun) mampu menciptakan lapangan pekerjaan pada masa pandemi.

Hal ini merupakan sebuah dampak positif, terutama bila mengingat mayoritas pelaku UMKM mengalami penurunan pendapatan lantaran permintaan yang terus menurun sehingga mereka sering kali mengurangi jumlah sumber daya manusia.

"Untungnya, akses pembiayaan yang difasilitasi oleh perusahaan fintech lending seperti Investree bisa membantu dan mendukung pelaku UMKM dalam meningkatkan pendapatan mereka. Tak hanya itu, pelaku UMKM bahkan berhasil menambah lapangan pekerjaan atau mempertahankan tenaga kerja," tambah Riyadi.

Baca Juga: Investree Resmikan Kerja Sama Channeling dengan Bank BJB, Dukung Program Panon Jabar,

Kemudian, akses pembiayaan yang disediakan oleh Investree juga meningkatkan inklusi keuangan. Pembiayaan Investree juga mendorong para UMKM menciptakan inovasi dalam bisnis mereka.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan