Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tunaiku Sukses Sabet Millennial's Popular Digital Brand Tiga Tahun Berturut-turut

Tunaiku Sukses Sabet Millennial's Popular Digital Brand Tiga Tahun Berturut-turut Kredit Foto: Amar Bank
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank Amar Indonesia Tbk (Amar Bank) mendapatkan penghargaan Indonesia's Most Popular Digital Financial Brands Award 2022. Produk unggulan Amar Bank, Tunaiku (platform pinjaman digital), telah berhasil meraih penghargaan Millennial's Popular Digital Brand dalam kategori E-Loan selama tiga tahun berturut-turut.

Berdasarkan data dari Brand Study & Research yang dilakukan Kantar, 67% milenial Indonesia (25-40 tahun) mengetahui Tunaiku. Hal ini juga didukung oleh data nasabah Tunaiku yang menunjukkan 37,4% nasabah berusia 21-30 tahun dan 40,4% nasabah berusia 31-40 tahun. Artinya, mayoritas nasabah Tunaiku adalah kaum milenial, dibandingkan dengan mereka yang berusia 41-50 (18,2%) dan 51-60 (3,8%).

Baca Juga: Bantu Masyarakat di Masa Pandemi, Tunaiku Kampanyekan #SemuaBisaLebih

Milenial yang saat ini berada di usia produktif juga terkena dampak dari pandemi. Berdasarkan survei "Situasi Angkatan Kerja di Indonesia Agustus 2021" oleh Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pengangguran pada Agustus 2021 mencapai 9,10 juta orang dan meningkat sekitar 350.000 orang dibandingkan Februari 2021 (8,75 juta orang).

Selain kehilangan pekerjaan, hasil dari survei yang dilakukan oleh Katadata Insight Center (KIC) dan Zigi juga menunjukkan bahwa meski 40% responden menabung untuk dana darurat, 56,5% responden milenial dan gen Z menyatakan bahwa tabungan mereka hanya dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari untuk jangka waktu kurang dari 3 bulan.

"Kami sadar bahwa kaum milenial yang menjadi mayoritas nasabah kami juga sangat terdampak oleh pandemi ini. Di sinilah peran Tunaiku dalam membantu. Kami berkomitmen membantu mereka dengan memberikan pinjaman tanpa agunan yang cepat, mudah, dan aman untuk memenuhi kebutuhan produktif mereka," ungkap Vishal Tulsian, Presiden Direktur Amar Bank, dikutip dari siaran pers yang diterima Warta Ekonomi, Rabu (30/3).

Pemenang Indonesia's Most Popular Digital Financial Brands Award (Millennials' Choice) 2022 ditentukan melalui studi popularitas yang didasarkan pada pemahaman dan apresiasi anak muda milenial Indonesia. Respondennya adalah mereka yang berusia 22 hingga 39 tahun pada Januari 2022.

Tunaiku dipilih sebagai pemenang berdasarkan penilaian dalam tiga fase: 1) Focused Group Discussion yang dilakukan secara virtual dengan responden milenial untuk melakukan tinjauan mendalam terhadap kriteria; 2) Survei kuantitatif online dengan 12.000 responden milenial dari 10 kota besar di Indonesia untuk mengukur kesadaran dan apresiasi mereka terhadap produk digital yang diulas; dan 3) Penilaian dari rata-rata jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dalam survei online.

Tunaiku secara konsisten terpilih sebagai favorit milenial, terbukti dengan total 6 penghargaan pilihan milenial dalam empat tahun terakhir. Selain dari ketiga penghargaan Indonesia's Most Popular Digital Financial Brands Award, in Millennials Popular Digital Brand dalam kategori E-loan pada tahun 2020, 2021 dan 2022, Tunaiku juga telah memenangkan Indonesia Financial Awards 2019 (Millennials Choice)-Brand Awareness untuk kategori Fintech untuk tiga tahun: 2019, 2020, dan 2021.

"Sejak tahun 2020 hingga 2022, Tunaiku secara berturut-turut terpilih dalam Indonesia's Most Popular Digital Financial Brands Award (Millennials' Choice) yang digelar The Iconomics. Kami melihat Tunaiku sebagai salah satu fintech pinjaman digital yang mampu memenangkan hati para milenial sehingga mereka memiliki persepsi yang baik terhadap Tunaiku. Berdasarkan riset The Iconomics Research, Tunaiku dikenal sebagai salah satu platform pinjaman digital paling terkenal dan terpercaya oleh generasi milenial," ucap Founder & CEO The Iconomics Founder & CEO of The Iconomics, Bram S. Putro.

Tunaiku memberikan pinjaman tanpa agunan (KTA) kepada perorangan dan UMKM (usaha mikro dan menengah) yang diproses dan disetujui dalam waktu 24 jam dengan memanfaatkan teknologi big data dan predictive analytics. Tunaiku telah diunduh lebih dari 9 juta kali dan menyalurkan lebih dari 800.000 pinjaman. Sejak diluncurkan pada 2014, Tunaiku telah menyalurkan lebih dari Rp6,6 triliun kepada masyarakat dan pengusaha mikro, yang sebagian besar tidak memiliki rekening bank (unbanked) dan kurang terlayani perbankan (underserved).

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel:

Video Pilihan