Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

1.422 Yatim Duafa Terima Bantuan Ramadan 1433 H dari YBM PLN UIP JBT

1.422 Yatim Duafa Terima Bantuan Ramadan 1433 H dari YBM PLN UIP JBT Kredit Foto: PLN
Warta Ekonomi, Bandung -

Dalam momentum bulan suci Ramadan 1443 H, Yayasan Baitul Maal (YBM) PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (PLN UIP JBT) menyelenggarakan beberapa rangkaian kegiatan sosial bertajuk Semangat Berbagi Merawat Negeri. Bantuan dengan total senilai Rp281 juta itu telah diberikan secara bertahap kepada para yatim duafa dan fakir miskin yang berada di sekitar lokasi kantor maupun proyek PLN UIP JBT.

Bertepatan dengan acara Safari Ramadhan Direktorat Mega Proyek dan Energi Baru Terbarukan PT PLN (Persero) di Power House PLTA Jatigede, Sumedang, bantuan diserahkan secara simbolis kepada penerima manfaat oleh General Manager PLN UIP JBT, Djarot Hutabri EBS yang didampingi Vice President Pengendalian Konstruksi Pembangkit Jamali Mapana, Isfaizal, Manager PLN Unit Pelaksana Proyek Jawa Bagian Tengah 2, Agus Pawitra Widya Pramana, dan Ketua Pengurus YBM PLN UIP JBT, Asep Asikin.

Baca Juga: BRI Sahabat Disablitas, Bantu Penyandang Bisa Bersaing di Dunia Kerja

Sebanyak 350 paket bingkisan Ramadan dan santunan untuk 20 orang guru ngaji juga diberikan secara door to door oleh pengurus YBM PLN UIP JBT kepada para yatim duafa di sekitar proyek PLTA Jatigede, di antaranya dari Desa Cipeles Kecamatan Tomo, Desa Karedok, Desa Kadujaya, dan Desa Cijeungjing Kecamatan Jatigede Kabupaten Sumedang.

"Dalam momentum Safari Ramadan Direktorat Mega Proyek dan EBT ini, melalui YBM PLN kami memberikan bantuan paket bingkisan sembako dan santunan dengan total bantuan senilai Rp120 juta kepada yatim duafa dan guru ngaji di sekitar proyek PLTA Jatigede," kata Djarot dalam keterangan resminya, Rabu (13/4/2022).

"Mengingat bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah, semoga kegiatan kita pada hari ini dapat makin mempererat silaturahmi yang telah terjalin, memberikan manfaat bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan serta menambah pahala serta keberkahan yang kita dapat di bulan suci Ramadan," sambungnya.

Hingga pertengahan bulan Ramadan 1443 H, YBM PLN UIP JBT telah menyerahkan bantuan Ramadan kepada 1.422 orang penerima manfaat, di antaranya bantuan paket Bingkisan Ramadan kepada 100 orang yatim duafa di Yayasan Nurul Falah Bandung, 100 orang yatim duafa di Yayasan Daarul Aulad Bandung, 75 orang duafa, dan 60 orang yatim duafa di Panti Asuhan Yatim Piatu dan Dhuafa Bani Salam Bandung, 30 orang yatim duafa di Pondok Pesantren Al Ikhlas Cirebon, 60 orang yatim duafa di Pondok Pesantren Raudhatul Qur’an, 147 orang yatim duafa di Yayasan Bahagia Peduli Kabupaten Kuningan, 350 orang yatim duafa di 4 desa sekitar PLTA Jatigede Sumedang, dan 60 orang yatim duafa di Panti Asuhan Malikul A’la Bandung.

Adapun bantuan lainnya yang telah diberikan, di antaranya program Senyum Guru Ngaji berupa santunan kepada 20 orang guru ngaji di sekitar PLTA Jatigede, Sumedang, bantuan santunan senilai Rp7 Juta untuk 210 orang penerima manfaat, dan program buka bersama dengan 210 orang yatim duafa. Selain bantuan tersebut, YBM PLN UIP JBT juga akan menyalurkan bantuan program Muslimah Tangguh untuk para fakir miskin, janda, maupun lansia wanita.

"Penyaluran bantuan Ramadan 1443 H Insyaallah akan terus berlanjut hingga menjelang Hari Raya Idulfitri. Seluruh pegawai muslim PLN UIP JBT melalui YBM ingin turut serta membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang berada di sekitar kantor, baik di kantor induk maupun UPP," ungkapnya.

"Bantuan ini merupakan dana zakat penghasilan yang dipotong dari gaji setiap pegawai muslim. Semoga Allah meridai ikhtiar sinergi kebaikan ini sehingga dapat bermanfaat bagi penerima manfaat serta dapat menjadi amalan bagi para muzakki PLN," tambahnya.

Adapun Ketua yayasan Nurul Falah Bandung selaku salah satu perwakilan penerima bantuan Bingkisan Ramadhan, Mimid Sudrajat menyampaikan ucapan terima kasihnya atas bantuan yang telah diterima.

"Terima kasih kepada YBM PLN UIP JBT dan semua jajaran pengurus yang terlibat wabil khusus kepada para Muzakki yang memberikan bantuan berupa paket sembako kepada para jompo, duafa, yatim, dan guru ngaji Al-Qur'an. Insyaallah bermanfaat dan akan kami gunakan sebaik-baiknya. Untuk itu, kami hanya bisa berdoa semoga Allah SWT membalas kebaikannya dengan kesehatan, keberkahan, dan menjadi ladang amal jariyah," ungkapnya.

Menurutnya, indahnya berbagi di bulan Ramadan menjadi bentuk kepedulian YBM PLN UIP JBT sekaligus membantu ketahanan pangan para yatim duafa dan fakir miskin.

"Semoga program Ramadan 1443 H Semangat Berbagi Merawat Negeri ini dapat menjadi momentum yang baik dan bermanfaat untuk saling membantu sesama yang membutuhkan sehingga dapat menjadi berkah dan amalan bagi kita semua," pungkasnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: