Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jokowi “Mesra” dengan Anies Baswedan, Pembahasan Refly Harun Tajam: “Tidak Ada Makan Siang Gratis!”

Jokowi “Mesra” dengan Anies Baswedan, Pembahasan Refly Harun Tajam: “Tidak Ada Makan Siang Gratis!” Kredit Foto: Instagram/Refly Harun
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemandangan unik nan ikonik terjadi di sirkuit ajang balapan mobil listrik dunia, Formula E Jakarta. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi lokasi tersebut ditemani Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Foto momen saat mereka bercengkrama meninjau lokasi sirkuit pun bertebaran dan memicu reaksi publik khususnya di media sosial.

Mengenai “jalan bareng” Jokowi-Anies ini, Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun beri komentar.

Menurut Refly dalam politik, no free lunch atau tidak ada makan siang yang gratis alias selalu ada maksud dan tujuan dari segala kegiatan.

“Dalam politik no free lunch, tidak ada makan siang yang gratis dan tidak ada tinjauan tanpa maksud apalagi di tempat-tempat yang dipersepsikan justru sebagai ‘lawan politik’,” ujar Refly di video pada akun Youtubenya, dikutip Selasa (26/4/22).

Baca Juga: Ramai Desakan Jokowi Harus Reshuffle Opung, Refly Harun Blak-blakan: Meski Kontroversial, Luhut Itu…

Sebagaimana diketahui, Jokowi dan Anies punya rekam jejak yang tidaklah selalu mulus. Di periode pertama kepemimpinannya, Jokowi mendepak Anies dari jajaran pembantu di kabinetnya.

Belum lagi tinjauan pilkada DKI Jakarta 2017 yang mana sarat akan kesan Anies vs Kubu Jokowi (PDIP, Ahok, dll).

Khusus kunjungan Jokowi ke sirkuit Formula E, menurut Refly bisa dilihat atau ditinjau dari dua hal. Dua hal itu adalah teknis dan politis.

Penulis: Bayu Muhardianto
Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan