Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ekspor CPO Resmi Disetop, Jokowi: Prioritaskan Minyak Goreng untuk Dalam Negeri

Ekspor CPO Resmi Disetop, Jokowi: Prioritaskan Minyak Goreng untuk Dalam Negeri Kredit Foto: Antara/BPMI
Warta Ekonomi, Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kesadaran industri minyak sawit dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan minyak goreng di tanah air. Sebagai negara produsen minyak sawit terbesar di dunia, menurut Jokowi sangat ironis, Indonesia justru mengalami kesulitan pasokan minyak goreng.

Oleh karena itu, Jokowi meminta para pelaku usaha minyak sawit untuk melihat permasalahan saat ini lebih baik dan lebih jernih. “Saya minta kesadaran industri minyak sawit untuk mencukupi kebutuhan dalam negeri. Prioritaskan dulu dalam negeri, penuhi dulu kebutuhan rakyat,” tegasnya di Jakarta, kemarin.

Jokowi berpendapat, jika dilihat dari kapasitas produksi, kebutuhan dalam negeri bisa dengan mudah tercukupi. Sebab, volume bahan baku minyak goreng yang diproduksi dan diekspor jauh lebih besar daripada kebutuhan dalam negeri.

Menurut Presiden masih ada sisa kapasitas yang sangat besar jika industri minyak sawit juga seluruh pihak terkait memiliki niat untuk memenuhi kebutuhan rakyat. “Jika kita semua mau dan punya niat untuk memenuhi kebutuhan rakyat sebagai prioritas, dengan mudah kebutuhan dalam negeri dapat dicukupi,” tambah Jokowi.

Bagi pemerintah, Jokowi menegaskan, memenuhi kebutuhan pokok masyarakat menjadi prioritas utama. Hal ini disebutnya juga menjadi bahan pertimbangan utama dalam setiap kebijakan yang diputuskan.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan