Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lengket dengan Zulkifli Hasan Saat Salat Id Bareng di JIS, Anies Baswedan Diperhitungkan PAN

Lengket dengan Zulkifli Hasan Saat Salat Id Bareng di JIS, Anies Baswedan Diperhitungkan PAN Kredit Foto: Twitter/Zulkifli Hasan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pengamat Politik Citra Institute Efriza menilai sosok Anies Baswedan semakin diperhitungkan Partai Amanat Nasional (PAN) untuk didorong menjadi salah satu calon presiden pada Pemilu 2024 mendatang. 

Hal ini disampaikan Efriza menanggapi kedekatan Gubernur DKI Jakarta itu dengan ketua umum PAN Zulkifli Hasan saat salat idul fitri bersama di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Senin (2/5/2022). Di mana keduanya terlihat duduk bersebelahan saat  salat Idul Fitri yang dihadiri sekitar 10 ribu orang itu. 

Baca Juga: Salat Id di JIS, Anies Baswedan: Kemenangan Usai Pandemi Covid-19

"Kalau dari komunikasi politik secara non verbal itu membuktikan bahwa Zulhas memperhitungkan Anies Baswedan. Kehadiran seseorang di sampingnya saja dengan sebuah foto itu menunjukkan ada respect," kata Efriza kepada Populis.id, Senin (2/5/2022).

Apalagi dalam beberapa hasil lembaga survei, elektabilitas Anies kerap digambarkan berada diposisi tiga besar. Hal ini menurut Efriza yang membuat PAN semakin terpincut ditengah minimnya kader potensial yang berasal dari internal partai.

"Karena bagaimanapun peluangnya Anies Baswedan itu kan memang tiga besar, dan PAN Kebetulan tidak punya calon, artinya PAN ini sedang mempertimbangkan situasi itu," katanya.

Disisi lain, dekatnya Zulhas dengan Anies juga disebut sebagai manuver politik PAN dalam mencari perhatian dari pendukung kalangan islam. Hal ini dilatarbelakangi karena minimnya respon dari pemerintah usai PAN menyatakan dukungan.

"PAN juga merasa bahwa dia mendukung presiden belum mendapat ganjaran, belum mendapat posisi menteri, belum ada reshuffle, jadi PAN ini mencoba bermain dimana dia bisa mendapat respons positif dari masyarakat, dan dari kalangan islam," ungkapnya.

Sebelumnya, Zulhas masih enggan berkomentar banyak terkait kedekatan PAN dengan Anies dalam menghadapi Pemilu 2024. Kendati demikian, Zulhas mengapresiasi kinerja Anies selama memimpin DKI Jakarta.

"Tentu Pak Anies sebagai tokoh gubernur harus kita hormati, kita dukung kita berikan apresiasi, kalau dia belum pas kita beritahu," kata Zulhas usai solat ied di JIS, Senin (2/5/2022).

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Populis. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Populis.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan