Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Catatannya Tak Ada Puan Maharani, Ganjar Pranowo Menang Lawan Prabowo dan Anies

Catatannya Tak Ada Puan Maharani, Ganjar Pranowo Menang Lawan Prabowo dan Anies Kredit Foto: Twitter/Ganjar Pranowo
Warta Ekonomi, Jakarta -

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, menilai, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo paling diuntungkan jika Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto maju di Pilpres 2024 mendatang. Sebab, segmen pemilih Ganjar berbeda dengan Anies dan Prabowo.

"Dari segmen pemilih mereka sudah beda, dengan Prabowo sudah beda, dengan Anies diferensiasi segmen pemilihnya, kolamnya udah beda banget," kata Pangi kepada Republika.

Baca Juga: Mirip Jokowi, Ganjar Pranowo Tak Perlu Khawatir meski Tak Didukung PDIP

Selain itu, Pangi melihat, pemilih PDIP dikenal dengan pemilih loyal sehingga menurutnya, para pemilih PDIP akan memilih Ganjar. "Itu yang paling diuntungkan. Maka kalau Anies maju, Prabowo maju, itu potensi ada pada Ganjar," ujarnya.

Pangi menambahkan, kans Ganjar terpilih sebagai calon presiden juga besar sejauh PDIP tidak mengusung Puan Maharani. Sebab, jika PDIP mengusung Puan, Ganjar akan kesulitan untuk bisa diusung di Pilpres 2024.

"Pemilih PDIP itu loyal, strong voters-nya kuat sekali dan partai ini juga kuat jadi semua pemilih PDIP rata-rata ke Ganjar. Namun, kalau Prabowo-Puan PDIP ke Gerindra, Ganjar pakai partai apa," ucapnya.

Pangi memprediksi, Pilpres akan diramaikan oleh tiga poros. Poros pertama yaitu Anies-AHY, poros kedua yaitu Prabowo-Erick Thohir, sedangkan poros ketiga yaitu Ganjar-Sandiaga Uno. Dari ketiga poros tersebut, peluang keterpilihannya Ganjar lebih besar.

"Kalau dihadapkan tiga poros ini, kans Ganjar lebih besar sepanjang Prabowo tidak dengan Puan," tuturnya.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel:

Video Pilihan