Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kunjungi Kemendikbudristek, Delegasi Bangladesh Pelajari Audit Internal Sektor Publik

Kunjungi Kemendikbudristek, Delegasi Bangladesh Pelajari Audit Internal Sektor Publik Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Warta Ekonomi, Jakarta -

Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyambut 11 orang delegasi yang berasal dari Kementerian Keuangan Pemerintah Bangladesh yang melakukan rangkaian kunjungan kerja resmi di Indonesia.

“Merupakan sebuah kehormatan untuk kami menyambut kunjungan kerja yang dilakukan Pemerintah Bangladesh. Kiranya momentum ini kita manfaatkan untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan terkait Oversight of Education Service Delivery sekaligus lewat pertemuan ini dapat menambah wawasan kita semua” jelas Sekretaris Inspektorat Jenderal, Subiyantoro dalam siaran resmi Kemendikbudristek, Selasa (16/5/2022).

Baca Juga: Indonesia melalui Kemendikbudristek Dorong Komitmen Pemulihan Pendidikan Kawasan Asia Pasifik

Turut hadir secara luring mengawali sesi diskusi Auditor Madya Inspektorat V, Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Ika Istakariana menyampaikan materi tentang “Collaborative Supervision Framework for Transfer to Local Government”.

“Sebuah contoh kolaborasi dalam hal pembiayaan pendidikan salah satunya yaitu pengawasan transfer dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang dilakukan oleh pemerintah pusat dan daerah. Kementerian Keuangan merancang proses pengawasan bersama dimulai dari perencanaan, pengiriman, aktivitas pembelanjaan dan pelaporan dengan tetap mengedepankan prinsip saling menghormati kewenangan masing-masing,” urai Auditor Ika.

“Hal tersebut dilakukan salah satunya melalui melalui Nota Kesepahaman Bersama/Memorandum of Understanding. Pemerintah Indonesia selalu hendak memastikan terpenuhinya komitmen peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia melalui alokasi dana 20% dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN),” tegas Ika.

Baca Juga: Jadi Guru Tamu, Mendikbudristek Nadiem Masuk Kelas Bersama Desta

Senada dengan itu Auditor Utama Inspektorat IV Itjen Kemendikbudristek, Maralus Panggabean, dalam sesi diskusi menyampaikan struktur dari Itjen Kemendikbudristek, sistem mekanisme pengawasan yang telah dibentuk serta berbagai hal lain yang terkait dengan manajemen pengawasan. 

Penulis: Martyasari Rizky
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan