Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ciptakan Lapangan Kerja Saat Pandemi, Menparekraf Sandiaga Uno Apresiasi Naruna Creative Space

Ciptakan Lapangan Kerja Saat Pandemi, Menparekraf Sandiaga Uno Apresiasi Naruna Creative Space Kredit Foto: Kemenparekraf
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi kehadiran "Naruna Creative Space and Cafe" dan menyebutnya sebagai pandemic winner karena mampu mendorong kebangkitan ekonomi dan membuka peluang kerja di Salatiga, Jawa Tengah. Bahkan kini Naruna Creative Space juga telah berkembang dengan memasarkan produk-produknya ke pasar internasional.

"Naruna Creative Space and Cafe" merupakan cafe instagramable yang juga dilengkapi dengan co-working space. Tidak hanya itu, ruang kreatif yang berada di Jalan Sawosari, Kota Salatiga, ini juga memiliki daya tarik sebagai pusat kriya dengan menghadirkan kelas pembuatan kerajinan keramik "Pottery Class" serta ruang meeting.

Baca Juga: Menparekraf Dorong Pelaku Subsektor Fesyen Berkolaborasi dengan Pelaku Olahraga Golf

"Kami mengapresiasi Naruna ini sudah menjadi sebuah inspirasi dari awalnya hanya tiga orang karyawan, menjadi 150 orang. Naruna ini muncul dari ide-ide yang luar biasa dari sebuah garasi. Seperti beberapa perusahaan dunia seperti Apple, Microsoft, hingga Google yang dimulai dari garasi. Karena garasi itu penuh inspirasi,” katanya Sandiaga dalam keterangan tertulisnya, Selasa (17/5/2022).

Awalnya, Naruna Creative Space yang berdiri di tahun 2021 merupakan pabrik yang memproduksi cangkir keramik dengan kualitas terbaik yang telah mampu menembus pasar di beberapa negara yaitu Qatar, Australia, dan juga India. Model atau desain dari Cangkir Keramik ini beraneka ragam dengan kualitas ekspor.

“Dengan ekspor ke-12 negara ini, menjadi wujud bangga buatan Indonesia dan juga beli kreatif Indonesia, karena ini dekat dengan Destinasi Super Prioritas Borobudur. Ke depan kita akan buatkan travel pattern untuk masuk ke dalamnya,” ujarnya.

Menparekraf berharap Naruna Creative Space and Cafe dapat terus melakukan inovasi untuk memperkuat daya tarik bagi wisatawan.

"Saya yakin Naruna ini menjadi anomali karena diciptakan saat pandemi dan menjadi pandemic winner dan diharapkan mampu menyerap tenaga kerja lebih banyak lagi khususnya di Salatiga dan bisa menjadi creative space. Yang lebih menarik lagi, pengunjungnya sudah mencapai 5.000 perbulan,” katanya.

Sementara itu pemilik Naruna Creative Space, Roy Wibisono, Naruna memiliki arti leader atau pemimpin. Selama hampir 2 tahun membangun, usahanya terus berkembang dengan mengimplementasikan strategi-strategi pemasaran di dalamnya.

Baca Juga: HIPTASI Siap Dukung Percepatan Pembangunan untuk Optimalisasi Pertumbuhan Ekonomi

“Kami ingin menjadi leader keramik di dunia. Kenapa kami bisa maju? karena kami membuat suatu strategi, kami melakukan riset pasar, kami juga riset desain yang diinginkan customer, produksinya diperkuat dan tim digital marketing-nya juga diperkuat. Jadi semuanya harus kuat dan leadership membuat sesuatu yang harus diinginkan. Tempat ini hampir dua tahun dan omzetnya mencapai 700 juta perbulan,” ujarnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel: