Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Anies Baswedan Dihajar Terus, Dilekatkan dengan Politik Identitas, NasDem: Dia Seorang Nasionalis!

Anies Baswedan Dihajar Terus, Dilekatkan dengan Politik Identitas, NasDem: Dia Seorang Nasionalis! Kredit Foto: Antara/Fauzi Lamboka
Warta Ekonomi, Jakarta -

Partai NasDem sudah menunjukkan arah politik 2024 dengan memilih tiga nama bakal calon presiden yakni, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Rekomendasi itu berasal dari suara 34 DPW Partai NasDem saat NasDem menggelar rapat kerja nasional atau Rakernas.

Baca Juga: “Baru dalam Sejarah NU Berdiri, Bendumnya Jadi Tersangka Korupsi di KPK”

Nama Anies Baswedan memperoleh dukungan dari 32 DPW Partai NasDem.

Dengan memilih Anies, NasDem dianggap telah memberi ruang kepada kelompok atau orang yang bersimbiosis mutualisme dengan kelompok radikal. Seperti yang terjadi pada Pilkada 2017 lalu.

Politikus Partai NasDem, Irma Suryani Chaniago tegas membantah anggapan tersebut. Di matanya, Anies adalah tokoh penganut prinsip nasionalis.

“Memang pada Pilkada DKI 2017 lalu Anies cuma dicomot oleh 212 seolah-olah dia diposisikan adalah bagian dari 212,” kata Irma dalam sebuah video pendek yang diunggah pemilik akun Twitter @siregar_elang, dikutip pada Senin (20/6/2022).

Irma menegaskan kenal baik dengan Anies. Mantan Mendikbud itu adalah salah satu deklarator Ormas Nasdem.

“Anies bukan orang yang seperti itu. Dia seorang nasionalis sebenarnya,” tegasnya.

Tapi lanjut Irma, karena adanya kebutuhan politik untuk meraih kemenangan pada Pilkada 2017 lalu, Anies dengan terpaksa harus mengambil dukungan dari kelompok 212.

“Tapi karena kebutuhan kemarin, kebutuhan untuk perlu menang (Pilkada) ya diambil itu politik identitas yang mendukung dia sebegitu kuat di Pilkada DKI 2017, terpaksa harus diambil,” ungkap Irma.

Baca Juga: Soal Pilihan Capres, Megawati Pegang Kendali, PDIP Lagi Menunggu Momentum Tepat!

“Sejatinya dia bukan orang yang memiliki prinsip politik identitas. Bukan!” pungkasnya.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Fajar.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Fajar.co.id.

Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan