Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pasarina by Ranch Market, Supermarket Pertama dengan Brand Metavese Hadir di Sarinah

Pasarina by Ranch Market, Supermarket Pertama dengan Brand Metavese Hadir di Sarinah Kredit Foto: WE
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ranch Market memperkenalkan Pasarina by Ranch Market, brand baru dari Ranch Market yang merupakan supermarket lokal premium pertama di Indonesia yang mengadaptasi brand metaverse dengan konsep unik dan berbeda,

Store pertama Pasarina by Ranch Market berlokasi di Sarinah, pusat perbelanjaan pertama di Indonesia yang berstatus cagar budaya.  Pasarina mengangkat produk lokal berkualitas tinggi serta siap memberikan pengalaman berbelanja menarik melalui interaksi digital dengan nuansa budaya dan tradisi Indonesia, sebuah pengalaman berbelanja baru bagi masyarakat Indonesia.

Berada di bawah naungan PT Supra Boga Lestari, Tbk, Ranch Market telah dikenal sebagai upscale supermarket dengan koleksi produk berkualitas. Pasarina by Ranch Market menyediakan produk lokal unggul berupa hasil bumi segar dan boga bahari hasil kurasi terbaik dari segenap penjuru Nusantara. Kurasi produk dilakukan secara ketat berdasarkan hasil riset serta masukan pengunjung dengan dukungan Departemen Perdagangan Republik Indonesia.

“Pasarina mengusung konsep Traditional Meet Modern, dimana produk lokal akan bersanding dengan produk impor pilihan.  Beberapa contoh produk lokal yang ditampilkan adalah aneka teh daun, kecap, bumbu, jamu dan banyak lagi.  Coklat asal Kupang, Nusa Tenggara Timur merupakan satu contoh distingtif bahwa belum banyak yang tahu Kupang menghasilkan coklat berkualitas dengan packaging menarik. Ditampilkannya produk unggul dari seluruh pelosok Indonesia, Pasarina mengajak masyarakat untuk mengenal produk sekaligus mengetahui lebih dalam tentang daerah asal produk tersebut,” ujar Maria Suwarni, Chief of Merchandising and Marketing Officer PT Supra Boga Lestari, Tbk saat Grand Opening Pasarina by Ranch Market, Rabu (22/6)

Pasarina by Ranch Market menghadirkan teknologi terkini untuk memberikan shopping experience yang menyenangkan bagi pelanggan. Sebagai pionir brand metavese di Indonesia, di Pasarina masyarakat akan merasakan exciting new experience lewat interaksi digital menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence) dengan Computer Vision yang mampu memberikan pemahaman atas lokasi 3 dimensi dan memberikan koordinat pengguna serta teknologi laser scanning 3 dimensi untuk melakukan scanning terhadap lokasi secara 3 dimensi. 

“Adanya Guidebot, layaknya personal assistant akan menuntun pengunjung secara one on one untuk mengetahui lokasi dan promosi terbaik produk yang diinginkan melalui bantuan robot dengan teknologi Augmented Reality; fungsi search mengarahkan pengunjung mencari posisi produk tanpa harus menunggu karyawan toko,” kata Maria Suwarni.

Saat ini ada 10 destinasi utama untuk fungsi Guidebot dan akan berkembang mengikuti seluruh category di dalam store. Pengunjung dapat memindai QR Code yang akan menuntun pengunjung pada product knowledge interaktif lewat Augmented Reality dimana akan hadir benda-benda virtual 3 dimensi dan virtual product knowledge untuk memberikan informasi produk.  

Sslain itu, Gamification memberikan proses belanja baru yang menarik dalam dunia digital dengan games maupun aktivitas menarik lainnya lewat penggunaan Virtual Reality sehingga pengunjung dapat menikmati pengalaman ‘belanja sambil bermain’.

Nantinya semua ini hanya dapat dinikmati dengan mengakses aplikasi TRUST Live.  Fitur brand metaverse Trust Live ini di-develop dan dipersiapkan khusus oleh Metaverse Studio Indonesia untuk Ranch Market Group. Sebagai bagian dari Blibli.com, virtual shopping produk Pasarina dapat dilakukan dengan mudah di portal e-commerce Blibli.com. Sehingga masyarakat memiliki pilihan untuk kenyamanan berbelanja langsung di physical store maupun berbelanja dari rumah.

Fetty Kwartati, Direktur Utama PT Sarinah mengapresiasi inovasi Pasarina. “Konsep supermarket metaverse pertama di Indonesia oleh Pasarina menguatkan kembali Sarinah sebagai pusat belanja modern pertama di Indonesia. Ini sesuai dengan kontemporerisasi Sarinah sebagai destinasi yang adaptif terhadap perubahan jaman, namun juga tetap berkenan bagi lintas generasi. 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi

Bagikan Artikel:

Berita Terkait