Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

KNKT Rilis Penyebab Jatuhnya AirAsia

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Kementerian Perhubungan merilis 18 informasi faktual dalam laporan awal hasil penyelidikan mengenai jatuhnya pesawat AirAsia QZ8501.

Ketua Tim Investigasi AirAsia QZ8051 KNKT Mardjono Siswosuwarno dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis(29/1/2015) menyebutkan terdapat 18 informasi fakta yang bertujuan untuk meluruskan perkiraan serta asumsi yang beredar di lapangan.

"Satu-satunya tujuan penyelidikan adalah untuk meningkatkan keselamatan transportasi, untuk diteruskan kepada kru, operato serta regulator. Informasi yang didapatkan bukan untuk menyalahkan atau penggantian ganti rugi," katanya.

Mardjono menyebutkan, poin pertama, yakni pesawat AirAsia QZ8501 sebelum diterbangkan dalam kondisi yang layak dan dalam keadaan seimbang saat diterbangkan (on board). Kedua, semua awak pesawat mempunya lisensi yang berlaku serta mengantongi sertifikat kesehatan (medical certificate).

Ketiga, "second in command" atau "co-pilot" yang menerbangkan pesawat (flying pilot), posisi di sebalah kanan, sementara pilot atau kapten pilot berada di sebelah kiri sebagai "pilot monitoring". Keempat, pesawat menjelajah hingga ketinggian 32.000 kaki melewati jalurnya M635. "Di layar telihat pesawat berbelok ke kiri," kata Mardjono.

Kelima, pesawat teridentifikasi oleh "air traffic controller" (ATC) Jakarta kotak awal pada pukul 23.11 (UTC/GMT atau perbedaan dengan Indonesia sekitar tujuh jam), pesawat tersebut berbelok ke kiri dari jalur M365. Keenam, pilot meminta untuk naik hingga ketinggian 38.000 kaki, namun ATC di Jakarta memerintahkan untuk tetap berada di 32.000 kaki (stand by).

Ketujuh, pada pukul 23.16, ATC mengizinkan pilot (cleared the pilot) untuk menaikkan ketinggian hingga 34.000 kaki. Kedelapan, saat kejadian tersedia gambar-gambar serta foto satelit cuaca dengan formasi cumulusnimbus yang puncak awannya mencapai 44.000 kaki.

Kesembilan, posisi terakhir pesawat yang ditangkap oleh radar berada di titik koordinat LS 3 34 48,6 LS dan 109 41 50,47 BT. "Pada posisi ini pesawat kembali sejajar dengan jalur M635," katanya. Kesepuluh, 30 Desember 2014, Basarnas menemuka jenazah dan serpihan pesawat terapung di permukaan laut Selat Karimata.

Kesebelas, 9 Januari 2015, ditemukan bagian ekor pesawat pada titik koordinat 03 37 40 LS dan 109 42 75 BT. Kedua belas, Flight Data Recorder ditemukan pada 03 37 22,2 LS dan 109 42 42,1 BT. "FDR dibawa ke Jakarta sampai di sini malam, esok harinya atau kurang dari 24 jam diunduh terdapat 1,200 parameter rekaman, dengan 174 jam terbang," katanya.

Ketiga belas, 13 Januari 2015 ditemukan "Cockpit Voice Recorder" (CVR) pada koordinat 3 37 18,1 LS dan 109 42 12,2 BT. "CVR merekam dua jam empat menit penerbangan terakhir yang berisi pembicaraan 'flight crew' atau antarpilot dan pilot dengan petugas ATC.

Keempat belas, kotak hitam diunduh diteliti di Laboratorium KNKT yang memakan waktu 11 jam. Kelima belas, berdasarkan data FDR dan CVR sebelum kejadian pesawat menjelajah stabil di ketinggian 32.000 kaki. Keenam belas, rekaman kotak hitam berhenti pada pukul 23.20 (UTC/GMT).

Ketujuh belas, 27 Januari 2015, 70 jasad ditemukan oleh Tim Basarnas Ke-18, dilakukan evakuasi serta pencarian korban yang terus berlanjut. Mardjono mengatakan seluruh informasi tersebut berdasarkan fakta, namun bukan tidak mungkin untuk diklarifikasi dan diperbarui sebelum nantinya disimpulkan dalam laporan terakhir sekitar 10 bulan mendatang. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: