Portal Berita Ekonomi Senin, 14 Oktober 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 16:12 WIB. Valas - Yuan ditutup negatif 0,39% terhadap USD pada level 7,0617 Yuan/USD
  • 16:07 WIB. Valas - Rupiah ditutup positif 0,01% terhadap USD pada level Rp. 14.140/USD
  • 16:05 WIB. Bursa - Indeks Hang Seng ditutup positif 0,81% pada level 26.521
  • 16:04 WIB. Bursa - Indeks Straits Times ditutup positif 0,37% pada level 3.125
  • 16:03 WIB. Bursa - Indeks Shanghai ditutup positif 1,15% pada level 3.007
  • 15:53 WIB. Bursa - Indeks KOSPI ditutup positif 1,11% pada level 2.067

Jatim Luncurkan Program "Digital Marketing" Pariwisata Pertama

Jatim Luncurkan Program

WE, Online, Surabaya - PT Mahoni Global resmi digandeng oleh Pemerintah Jawa Timur & PT Telkom untuk menggarap Website Pariwisata & Mobile Applications sebagai sarana resmi untuk promosi pariwisata jatim.

Jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia pada tahun 2014 mencapai 9.5 juta orang. Angka tersebut kelihatannya cukup besar, namun bila dibandingkan dengan jumlah wisatawan yang berkunjung ke negara-negara tetangga ternyata posisi Indonesia hanya menduduki ranking ke 4- di bawah Thailand, Malaysia& Singapura. Ini kenyataan yang sangat memprihatinkan, karena Indonesia yang mempunyai ribuan daya tarik wisata ternyata kalah jauh bahkan bila dibandingkan dengan Singapura yang wilayahnya sangat kecil& minim obyek wisata alamnya.

Menteri Pariwisata Indonesia Arief Yahya mengatakan bahwa pemakaian media digital sebagai sarana promosi adalah cara yang paling tepat untuk mempromosikan pariwisata Indonesia saat ini, karena dapat menjangkau seluruh dunia secara luas dan cepat, serta biaya promosi yang jauh lebih murah dibandingkan dengan cara promosi secara konvensional. Kampanye dan program serba digital tersebut akan menjadi andalan Kemenpar untuk menyiasati anggaran promosi pariwisata Indonesia yang masih sangat rendah. "Tidak ada cara lain selain digitalisasi dan membuat promosi secara online serta mengembangkan kerjasama dengan lebih banyak pihak," ungkap Arief Yahya.

Program Digital Marketing Pariwisata Indonesia tersebut segera dilaksanakan oleh 34 propinsi di seluruh Indonesia guna memenuhi target akan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia agar di tahun 2019 dapat mencapai angka kunjungan sebesar 20 juta orang, serta Wisata Domestik menjadi 275 juta orang, mendatangkan Devisa 240 Trilyun, menyerap tenaga kerja 13 juta pekerja serta meningkatkan competitiveness index menjadi ranking 30 Dunia.

Kenyataannya propinsi Jawa Timur merupakan propinsi yang paling siap untuk tujuan tersebut saat ini. Kepala Dinas Pariwisata Jawa Timur, Dr. Jarianto mengatakan: “Dinas Pariwisata Jawa Timur bekerja sama dengan Telkom Divre V Jawa Timur & PT. Mahoni Global bekerja keras untuk menyukseskan program Menteri Pariwisata ini, pada tanggal 29 Maret 2015 ini kami siap melakukan Grand Launching Digital Marketing Pariwisata Jawa Timur, yang mana propinsi Jawa Timur merupakan propinsi pertama yang berhasil melakukan hal ini. Kegiatan Digital Marketing Jawa Timur saat ini telah meliputi: pembuatan portal pariwisata Jawa Timur (www.eastjava.com), promosi via media sosial seperti Facebook, Twitter& Instagram (@eastjavatourism), Youtube, dan yang terbaru promosi melalui Mobile Applications (Travel To East Java : http://mahoni.us10.list-manage.com/track/click?u=1b20149b73c710f1bc9e964d1&id=936498c87f&e=c0c7810c2b), yang semuanya sudah siap untuk dikunjungi, diikuti& di-download dari seluruh dunia.

Iskriono Executive General Manager Telkom Regional-5 Jawa Timur mengatakan, "Digital Marketing adalah sebuah keniscayaan yang tak bisa dihindari karena Life style sudah berubah termasuk perilaku masyarakat dunia dalam melakukan travelling sehingga kita harus adaptif sekaligus mengakselerasi perubahan tersebut di Indonesia “Telkom siap mendukung pariwisata Jawa Timur menjadi tujuan utama pariwisata dunia dan mewujudkan target pemerintah untuk mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia pada tahun 2019, Telkom menyediakan infrastruktur ICT serta ICT Solution untuk industri Pariwisata khususunya di jawatimur secara bertahap. Setelah Quartal 1 tahun 2015 ini membantu development Digital Marketing berupa Website, Media Sosial& Mobile App, pada Q2 akan melakukan standarisasi ICT untuk ekosistem industri pariwisata di Jawa Timur. Pada Q3 melakukan development e-Commerce & Q4 expand campaign ke luar negeria," katanya

Ginting Satyana, direktur PT Mahoni Global mengatakan : "Kami bangga bisa bekerja sama dengan Pemerintah Jawa Timur & PT Telkom untuk memajukan Pariwisata Jawa Timur, website eastjava.com saat ini sudah mencapai diatas 12.000 halaman, 2000 foto obyek pariwisata, 40 peta pariwisata yang dibuat sendiri oleh team Mahoni, serta mempunyai koleksi sampai 1000 clip video pariwisata jatim di youtube.com, jumlah halaman web akan kami tambah terus. Selain itu team kami juga mendevelop Mobile Aplikasi yang dinamakanTravel to East Java, Indonesia yang mana berisi ratusan daya tarik wisata jatim bisa didownload gratis & support 4 platform : IOS, Android, Windows 8, Windows Phone. Setelah aplikasi pertama ini segera menyusul 4 mobile aplikasi lainnya yang segera kami luncurkan," katanya.

Grand Launching Digital Marketing Pariwisata Jawa Timur tersebut diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo, berlokasi di Taman Candra Wilwatika- Pandaan pada tanggal 28 Maret 2015 bersamaan dengan acara pemilihan Raka-Raki 2015 untuk memilih Duta Wisata Jawa Timur, dilanjutkan Tgl 29 Maret 2015, di Taman Budaya Cak Durasim Surabaya.

Gubernur Jawa Timur mengatakan sangat mendukung acara ini: "Digital Marketing sesuai dengan arahan Bapak Presiden Jokowi untuk melakukan program digital seperti e-Promotion ini untuk mendukung kegiatan promosi masa kini. Dan Program Digital Marketing Pariwisata untuk tingkat propinsi adalah yang pertama di Indonesia. Gubernur mengharapkan dan menghimbau agar segenap masyarakat di Jawa Timur yang tersebar di 38 kabupaten& kota mendukung program ini dan ikut berperan aktif mensukseskan proram Digital Marketing Pariwisata Jawa Timur ini, mengingat jika program ini sukses maka akan terjadi peningkatan bisnis yang sangat pesat karena memberi multiplier efek di industri pariwisata sehingga bisa dinikmati oleh banyak penduduk di Jawa Timur, mulai dari pengusaha hotel, rumah makan, pengusaha kerajinan, dan sebagainya. Program yang sangat bagus ini memang selayaknya didukung dan diikuti oleh propinsi-propinsi lain di Indonesia, sehingga target pemerintah untuk mendatangkan 20 juta wisatawan asing di tahun 2019 akan tercapai, dengan begitu devisa yang masuk ke Indonesia akan meningkat dan berguna bagi pembangunan negara Indonesia," kata Soekarwo.

Baca Juga

Tag: Pariwisata

Penulis: Redaksi WE Online

Editor: Achmad Fauzi

Foto: Sufri Yuliardi

Loading...

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,785.16 3,747.30
British Pound GBP 1.00 17,882.08 17,698.52
China Yuan CNY 1.00 2,009.37 1,988.25
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,196.63 14,055.37
Dolar Australia AUD 1.00 9,628.15 9,529.54
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,809.96 1,791.79
Dolar Singapura SGD 1.00 10,366.29 10,259.39
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,656.04 15,498.86
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,397.95 3,361.72
Yen Jepang JPY 100.00 13,111.04 12,976.98

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6126.877 21.077 657
2 Agriculture 1348.279 -2.319 20
3 Mining 1611.864 -7.561 48
4 Basic Industry and Chemicals 863.719 15.438 74
5 Miscellanous Industry 1148.018 -6.840 50
6 Consumer Goods 2164.148 14.244 54
7 Cons., Property & Real Estate 500.309 -1.443 82
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1209.995 -9.069 75
9 Finance 1233.976 7.226 90
10 Trade & Service 798.984 2.223 164
No Code Prev Close Change %
1 SLIS 505 630 125 24.75
2 BMAS 240 292 52 21.67
3 TIRA 190 230 40 21.05
4 ISAT 2,680 3,040 360 13.43
5 PALM 210 238 28 13.33
6 VIVA 83 92 9 10.84
7 FITT 81 89 8 9.88
8 INTD 137 150 13 9.49
9 ASRM 2,040 2,230 190 9.31
10 HELI 151 165 14 9.27
No Code Prev Close Change %
1 FREN 220 168 -52 -23.64
2 DUTI 6,850 5,500 -1,350 -19.71
3 AKPI 470 398 -72 -15.32
4 AMAG 320 282 -38 -11.88
5 ITMA 820 725 -95 -11.59
6 TELE 338 304 -34 -10.06
7 BAJA 95 86 -9 -9.47
8 BMSR 93 85 -8 -8.60
9 KIOS 384 352 -32 -8.33
10 MDKI 248 228 -20 -8.06
No Code Prev Close Change %
1 FREN 220 168 -52 -23.64
2 LMAS 61 60 -1 -1.64
3 MAMI 212 220 8 3.77
4 KPIG 130 133 3 2.31
5 MSIN 432 454 22 5.09
6 TCPI 6,825 6,700 -125 -1.83
7 MNCN 1,310 1,310 0 0.00
8 IPTV 510 515 5 0.98
9 ABBA 161 151 -10 -6.21
10 BBRI 3,920 3,920 0 0.00