Portal Berita Ekonomi Jum'at, 14 Desember 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 09:53 WIB. Saratoga - Sandiaga kembali menjual saham SRTG senilai Rp64,38 miliar di awal Desember ini.
  • 09:33 WIB. Dolar AS - Pukul 09.35: Dolar AS balas dendam, rupiah melemah 0,43% ke Rp14.562 per dolar AS. 
  • 09:01 WIB. IHSG - Jelang akhir pekan, IHSG dibuka menguat 0,14% ke level 6.178,57. 
  • 07:15 WIB. Google - Google prediksi pemilu dan tokoh politik bakal jadi trending di 2019.
  • 07:02 WIB. California - California berencana kenakan pajak untuk SMS. 
  • 07:00 WIB. Fintech - Kemenkominfo telah blokir 400 Fintech ilegal dari OJK. 
  • 06:58 WIB. YLKI - YLKI sebut perlindungan konsumen belanja online rendah. 
  • 06:54 WIB. Apple - Apple investasikan Rp14,5 triliun untuk kampus di Texas. 

Jatim Luncurkan Program "Digital Marketing" Pariwisata Pertama

Foto Berita Jatim Luncurkan Program

WE, Online, Surabaya - PT Mahoni Global resmi digandeng oleh Pemerintah Jawa Timur & PT Telkom untuk menggarap Website Pariwisata & Mobile Applications sebagai sarana resmi untuk promosi pariwisata jatim.

Jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia pada tahun 2014 mencapai 9.5 juta orang. Angka tersebut kelihatannya cukup besar, namun bila dibandingkan dengan jumlah wisatawan yang berkunjung ke negara-negara tetangga ternyata posisi Indonesia hanya menduduki ranking ke 4- di bawah Thailand, Malaysia& Singapura. Ini kenyataan yang sangat memprihatinkan, karena Indonesia yang mempunyai ribuan daya tarik wisata ternyata kalah jauh bahkan bila dibandingkan dengan Singapura yang wilayahnya sangat kecil& minim obyek wisata alamnya.

Menteri Pariwisata Indonesia Arief Yahya mengatakan bahwa pemakaian media digital sebagai sarana promosi adalah cara yang paling tepat untuk mempromosikan pariwisata Indonesia saat ini, karena dapat menjangkau seluruh dunia secara luas dan cepat, serta biaya promosi yang jauh lebih murah dibandingkan dengan cara promosi secara konvensional. Kampanye dan program serba digital tersebut akan menjadi andalan Kemenpar untuk menyiasati anggaran promosi pariwisata Indonesia yang masih sangat rendah. "Tidak ada cara lain selain digitalisasi dan membuat promosi secara online serta mengembangkan kerjasama dengan lebih banyak pihak," ungkap Arief Yahya.

Program Digital Marketing Pariwisata Indonesia tersebut segera dilaksanakan oleh 34 propinsi di seluruh Indonesia guna memenuhi target akan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia agar di tahun 2019 dapat mencapai angka kunjungan sebesar 20 juta orang, serta Wisata Domestik menjadi 275 juta orang, mendatangkan Devisa 240 Trilyun, menyerap tenaga kerja 13 juta pekerja serta meningkatkan competitiveness index menjadi ranking 30 Dunia.

Kenyataannya propinsi Jawa Timur merupakan propinsi yang paling siap untuk tujuan tersebut saat ini. Kepala Dinas Pariwisata Jawa Timur, Dr. Jarianto mengatakan: “Dinas Pariwisata Jawa Timur bekerja sama dengan Telkom Divre V Jawa Timur & PT. Mahoni Global bekerja keras untuk menyukseskan program Menteri Pariwisata ini, pada tanggal 29 Maret 2015 ini kami siap melakukan Grand Launching Digital Marketing Pariwisata Jawa Timur, yang mana propinsi Jawa Timur merupakan propinsi pertama yang berhasil melakukan hal ini. Kegiatan Digital Marketing Jawa Timur saat ini telah meliputi: pembuatan portal pariwisata Jawa Timur (www.eastjava.com), promosi via media sosial seperti Facebook, Twitter& Instagram (@eastjavatourism), Youtube, dan yang terbaru promosi melalui Mobile Applications (Travel To East Java : http://mahoni.us10.list-manage.com/track/click?u=1b20149b73c710f1bc9e964d1&id=936498c87f&e=c0c7810c2b), yang semuanya sudah siap untuk dikunjungi, diikuti& di-download dari seluruh dunia.

Iskriono Executive General Manager Telkom Regional-5 Jawa Timur mengatakan, "Digital Marketing adalah sebuah keniscayaan yang tak bisa dihindari karena Life style sudah berubah termasuk perilaku masyarakat dunia dalam melakukan travelling sehingga kita harus adaptif sekaligus mengakselerasi perubahan tersebut di Indonesia “Telkom siap mendukung pariwisata Jawa Timur menjadi tujuan utama pariwisata dunia dan mewujudkan target pemerintah untuk mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia pada tahun 2019, Telkom menyediakan infrastruktur ICT serta ICT Solution untuk industri Pariwisata khususunya di jawatimur secara bertahap. Setelah Quartal 1 tahun 2015 ini membantu development Digital Marketing berupa Website, Media Sosial& Mobile App, pada Q2 akan melakukan standarisasi ICT untuk ekosistem industri pariwisata di Jawa Timur. Pada Q3 melakukan development e-Commerce & Q4 expand campaign ke luar negeria," katanya

Ginting Satyana, direktur PT Mahoni Global mengatakan : "Kami bangga bisa bekerja sama dengan Pemerintah Jawa Timur & PT Telkom untuk memajukan Pariwisata Jawa Timur, website eastjava.com saat ini sudah mencapai diatas 12.000 halaman, 2000 foto obyek pariwisata, 40 peta pariwisata yang dibuat sendiri oleh team Mahoni, serta mempunyai koleksi sampai 1000 clip video pariwisata jatim di youtube.com, jumlah halaman web akan kami tambah terus. Selain itu team kami juga mendevelop Mobile Aplikasi yang dinamakanTravel to East Java, Indonesia yang mana berisi ratusan daya tarik wisata jatim bisa didownload gratis & support 4 platform : IOS, Android, Windows 8, Windows Phone. Setelah aplikasi pertama ini segera menyusul 4 mobile aplikasi lainnya yang segera kami luncurkan," katanya.

Grand Launching Digital Marketing Pariwisata Jawa Timur tersebut diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo, berlokasi di Taman Candra Wilwatika- Pandaan pada tanggal 28 Maret 2015 bersamaan dengan acara pemilihan Raka-Raki 2015 untuk memilih Duta Wisata Jawa Timur, dilanjutkan Tgl 29 Maret 2015, di Taman Budaya Cak Durasim Surabaya.

Gubernur Jawa Timur mengatakan sangat mendukung acara ini: "Digital Marketing sesuai dengan arahan Bapak Presiden Jokowi untuk melakukan program digital seperti e-Promotion ini untuk mendukung kegiatan promosi masa kini. Dan Program Digital Marketing Pariwisata untuk tingkat propinsi adalah yang pertama di Indonesia. Gubernur mengharapkan dan menghimbau agar segenap masyarakat di Jawa Timur yang tersebar di 38 kabupaten& kota mendukung program ini dan ikut berperan aktif mensukseskan proram Digital Marketing Pariwisata Jawa Timur ini, mengingat jika program ini sukses maka akan terjadi peningkatan bisnis yang sangat pesat karena memberi multiplier efek di industri pariwisata sehingga bisa dinikmati oleh banyak penduduk di Jawa Timur, mulai dari pengusaha hotel, rumah makan, pengusaha kerajinan, dan sebagainya. Program yang sangat bagus ini memang selayaknya didukung dan diikuti oleh propinsi-propinsi lain di Indonesia, sehingga target pemerintah untuk mendatangkan 20 juta wisatawan asing di tahun 2019 akan tercapai, dengan begitu devisa yang masuk ke Indonesia akan meningkat dan berguna bagi pembangunan negara Indonesia," kata Soekarwo.

Tag: Pariwisata

Penulis: Redaksi

Editor: Achmad Fauzi

Foto: Sufri Yuliardi

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6177.720 62.143 621
2 Agriculture 1516.070 10.982 20
3 Mining 1776.514 21.113 47
4 Basic Industry and Chemicals 846.848 12.353 71
5 Miscellanous Industry 1420.317 27.074 46
6 Consumer Goods 2515.883 16.594 49
7 Cons., Property & Real Estate 455.102 3.544 73
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1062.130 21.053 71
9 Finance 1176.328 11.338 91
10 Trade & Service 791.531 -0.850 153
No Code Prev Close Change %
1 AKSI 344 430 86 25.00
2 SOTS 436 545 109 25.00
3 PNSE 750 935 185 24.67
4 ZONE 446 555 109 24.44
5 KICI 212 260 48 22.64
6 SAFE 171 206 35 20.47
7 JKSW 60 68 8 13.33
8 KAEF 2,550 2,850 300 11.76
9 TRAM 163 180 17 10.43
10 OASA 318 350 32 10.06
No Code Prev Close Change %
1 SQMI 555 418 -137 -24.68
2 INPP 605 480 -125 -20.66
3 GMTD 14,900 13,425 -1,475 -9.90
4 BTEK 137 125 -12 -8.76
5 SMDM 152 139 -13 -8.55
6 DSSA 14,725 13,500 -1,225 -8.32
7 BBLD 492 454 -38 -7.72
8 AKPI 780 720 -60 -7.69
9 ETWA 78 72 -6 -7.69
10 OCAP 244 226 -18 -7.38
No Code Prev Close Change %
1 SRIL 372 360 -12 -3.23
2 KPAS 710 705 -5 -0.70
3 RIMO 142 151 9 6.34
4 TLKM 3,650 3,750 100 2.74
5 TRAM 163 180 17 10.43
6 PGAS 2,130 2,150 20 0.94
7 PTBA 4,310 4,500 190 4.41
8 BBRI 3,620 3,680 60 1.66
9 CPIN 6,500 6,950 450 6.92
10 UNTR 29,300 29,300 0 0.00