Portal Berita Ekonomi Selasa, 23 April 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 16:38 WIB. Impor - Tahan izin impor 100 ribu ton bawang putih lewat Perum Bulog dinilai sejahterakan petani bawang.
  • 16:37 WIB. Douw Nabire - Penerbangan di Bandara Douw Nabire kembali normal pascakebakaran.
  • 16:36 WIB. Pemilu - Sri Mulyani akan memberikan santunan kepada 91 petugas penyelenggara pemilu yang meninggal.
  • 16:35 WIB. Wisman - Menko Luhut menyoroti masalah sampah bisa mengurangi kunjungan wisman.
  • 16:35 WIB. Nelayan - Menteri KKP menyayangkan nelayan masih suka pakai bom untuk tangkap ikan.
  • 16:34 WIB. Impor - Kebijakan Mendag tahan impor harus diperkuat produksi bawang putih.
  • 16:33 WIB. Kemenperin - Investasi meningkat, Kemenperin aktif siapkan SDM industri kompeten.
  • 16:32 WIB. SDM - Target 20 juta hektar konservasi, Kemenko Maritim inisiasi sertifikasi SDM.
  • 16:32 WIB. Sarung tangan - Tumbuh 10% per tahun, pasar sarung tangan karet global prospektif.
  • 16:31 WIB. Hotel - Hotel bintang lima Alila SCBD mencerminkan gaya hidup hip dan kontemporer.
  • 16:30 WIB. DOOgether - Raih pendanaan Seed Investment, DOOgetjer siap ekspansi.
  • 16:29 WIB. Bea Cukai - Tingkatkan pengawasan, Bea Cukai menjalni kerja sama dengan Ditjen Dukcapil.
  • 16:29 WIB. Migas - Investasi hulu migas kuartal I mencapai Rp31 triliun.
  • 16:28 WIB. Go-Food - Kontribusi Go-Food terhadap ekonomi mencapai Rp18 triliun.
  • 16:27 WIB. Tol - Tarif tol ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi resmi berlaku.

Jatim Luncurkan Program "Digital Marketing" Pariwisata Pertama

Jatim Luncurkan Program

WE, Online, Surabaya - PT Mahoni Global resmi digandeng oleh Pemerintah Jawa Timur & PT Telkom untuk menggarap Website Pariwisata & Mobile Applications sebagai sarana resmi untuk promosi pariwisata jatim.

Jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia pada tahun 2014 mencapai 9.5 juta orang. Angka tersebut kelihatannya cukup besar, namun bila dibandingkan dengan jumlah wisatawan yang berkunjung ke negara-negara tetangga ternyata posisi Indonesia hanya menduduki ranking ke 4- di bawah Thailand, Malaysia& Singapura. Ini kenyataan yang sangat memprihatinkan, karena Indonesia yang mempunyai ribuan daya tarik wisata ternyata kalah jauh bahkan bila dibandingkan dengan Singapura yang wilayahnya sangat kecil& minim obyek wisata alamnya.

Menteri Pariwisata Indonesia Arief Yahya mengatakan bahwa pemakaian media digital sebagai sarana promosi adalah cara yang paling tepat untuk mempromosikan pariwisata Indonesia saat ini, karena dapat menjangkau seluruh dunia secara luas dan cepat, serta biaya promosi yang jauh lebih murah dibandingkan dengan cara promosi secara konvensional. Kampanye dan program serba digital tersebut akan menjadi andalan Kemenpar untuk menyiasati anggaran promosi pariwisata Indonesia yang masih sangat rendah. "Tidak ada cara lain selain digitalisasi dan membuat promosi secara online serta mengembangkan kerjasama dengan lebih banyak pihak," ungkap Arief Yahya.

Program Digital Marketing Pariwisata Indonesia tersebut segera dilaksanakan oleh 34 propinsi di seluruh Indonesia guna memenuhi target akan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia agar di tahun 2019 dapat mencapai angka kunjungan sebesar 20 juta orang, serta Wisata Domestik menjadi 275 juta orang, mendatangkan Devisa 240 Trilyun, menyerap tenaga kerja 13 juta pekerja serta meningkatkan competitiveness index menjadi ranking 30 Dunia.

Kenyataannya propinsi Jawa Timur merupakan propinsi yang paling siap untuk tujuan tersebut saat ini. Kepala Dinas Pariwisata Jawa Timur, Dr. Jarianto mengatakan: “Dinas Pariwisata Jawa Timur bekerja sama dengan Telkom Divre V Jawa Timur & PT. Mahoni Global bekerja keras untuk menyukseskan program Menteri Pariwisata ini, pada tanggal 29 Maret 2015 ini kami siap melakukan Grand Launching Digital Marketing Pariwisata Jawa Timur, yang mana propinsi Jawa Timur merupakan propinsi pertama yang berhasil melakukan hal ini. Kegiatan Digital Marketing Jawa Timur saat ini telah meliputi: pembuatan portal pariwisata Jawa Timur (www.eastjava.com), promosi via media sosial seperti Facebook, Twitter& Instagram (@eastjavatourism), Youtube, dan yang terbaru promosi melalui Mobile Applications (Travel To East Java : http://mahoni.us10.list-manage.com/track/click?u=1b20149b73c710f1bc9e964d1&id=936498c87f&e=c0c7810c2b), yang semuanya sudah siap untuk dikunjungi, diikuti& di-download dari seluruh dunia.

Iskriono Executive General Manager Telkom Regional-5 Jawa Timur mengatakan, "Digital Marketing adalah sebuah keniscayaan yang tak bisa dihindari karena Life style sudah berubah termasuk perilaku masyarakat dunia dalam melakukan travelling sehingga kita harus adaptif sekaligus mengakselerasi perubahan tersebut di Indonesia “Telkom siap mendukung pariwisata Jawa Timur menjadi tujuan utama pariwisata dunia dan mewujudkan target pemerintah untuk mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia pada tahun 2019, Telkom menyediakan infrastruktur ICT serta ICT Solution untuk industri Pariwisata khususunya di jawatimur secara bertahap. Setelah Quartal 1 tahun 2015 ini membantu development Digital Marketing berupa Website, Media Sosial& Mobile App, pada Q2 akan melakukan standarisasi ICT untuk ekosistem industri pariwisata di Jawa Timur. Pada Q3 melakukan development e-Commerce & Q4 expand campaign ke luar negeria," katanya

Ginting Satyana, direktur PT Mahoni Global mengatakan : "Kami bangga bisa bekerja sama dengan Pemerintah Jawa Timur & PT Telkom untuk memajukan Pariwisata Jawa Timur, website eastjava.com saat ini sudah mencapai diatas 12.000 halaman, 2000 foto obyek pariwisata, 40 peta pariwisata yang dibuat sendiri oleh team Mahoni, serta mempunyai koleksi sampai 1000 clip video pariwisata jatim di youtube.com, jumlah halaman web akan kami tambah terus. Selain itu team kami juga mendevelop Mobile Aplikasi yang dinamakanTravel to East Java, Indonesia yang mana berisi ratusan daya tarik wisata jatim bisa didownload gratis & support 4 platform : IOS, Android, Windows 8, Windows Phone. Setelah aplikasi pertama ini segera menyusul 4 mobile aplikasi lainnya yang segera kami luncurkan," katanya.

Grand Launching Digital Marketing Pariwisata Jawa Timur tersebut diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo, berlokasi di Taman Candra Wilwatika- Pandaan pada tanggal 28 Maret 2015 bersamaan dengan acara pemilihan Raka-Raki 2015 untuk memilih Duta Wisata Jawa Timur, dilanjutkan Tgl 29 Maret 2015, di Taman Budaya Cak Durasim Surabaya.

Gubernur Jawa Timur mengatakan sangat mendukung acara ini: "Digital Marketing sesuai dengan arahan Bapak Presiden Jokowi untuk melakukan program digital seperti e-Promotion ini untuk mendukung kegiatan promosi masa kini. Dan Program Digital Marketing Pariwisata untuk tingkat propinsi adalah yang pertama di Indonesia. Gubernur mengharapkan dan menghimbau agar segenap masyarakat di Jawa Timur yang tersebar di 38 kabupaten& kota mendukung program ini dan ikut berperan aktif mensukseskan proram Digital Marketing Pariwisata Jawa Timur ini, mengingat jika program ini sukses maka akan terjadi peningkatan bisnis yang sangat pesat karena memberi multiplier efek di industri pariwisata sehingga bisa dinikmati oleh banyak penduduk di Jawa Timur, mulai dari pengusaha hotel, rumah makan, pengusaha kerajinan, dan sebagainya. Program yang sangat bagus ini memang selayaknya didukung dan diikuti oleh propinsi-propinsi lain di Indonesia, sehingga target pemerintah untuk mendatangkan 20 juta wisatawan asing di tahun 2019 akan tercapai, dengan begitu devisa yang masuk ke Indonesia akan meningkat dan berguna bagi pembangunan negara Indonesia," kata Soekarwo.

Tag: Pariwisata

Penulis: Redaksi WE Online

Editor: Achmad Fauzi

Foto: Sufri Yuliardi

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,773.33 3,735.70
British Pound GBP 1.00 18,375.19 18,187.78
China Yuan CNY 1.00 2,109.36 2,088.49
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,150.00 14,010.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,087.54 9,986.33
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,803.65 1,785.69
Dolar Singapura SGD 1.00 10,436.64 10,331.86
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,920.17 15,755.65
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,426.15 3,388.15
Yen Jepang JPY 100.00 12,659.93 12,531.31

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6462.822 48.079 632
2 Agriculture 1471.418 6.415 21
3 Mining 1816.490 35.325 47
4 Basic Industry and Chemicals 835.511 4.182 71
5 Miscellanous Industry 1327.492 19.942 46
6 Consumer Goods 2506.880 31.053 52
7 Cons., Property & Real Estate 491.243 -0.634 75
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1162.999 14.156 73
9 Finance 1303.709 2.892 91
10 Trade & Service 815.278 5.604 156
No Code Prev Close Change %
1 HRME 466 580 114 24.46
2 ABBA 147 169 22 14.97
3 LUCK 840 960 120 14.29
4 BCAP 149 170 21 14.09
5 ALMI 525 595 70 13.33
6 CNTX 505 570 65 12.87
7 GSMF 110 123 13 11.82
8 JSKY 1,080 1,200 120 11.11
9 ZINC 555 615 60 10.81
10 MYTX 75 83 8 10.67
No Code Prev Close Change %
1 TRIS 266 200 -66 -24.81
2 ARTA 535 406 -129 -24.11
3 MTPS 1,210 920 -290 -23.97
4 CPRI 168 131 -37 -22.02
5 TRIO 155 121 -34 -21.94
6 IIKP 125 99 -26 -20.80
7 MTSM 238 202 -36 -15.13
8 BBLD 565 480 -85 -15.04
9 GHON 1,500 1,275 -225 -15.00
10 MKPI 17,175 15,000 -2,175 -12.66
No Code Prev Close Change %
1 CPRI 168 131 -37 -22.02
2 BGTG 82 83 1 1.22
3 TLKM 3,780 3,850 70 1.85
4 TRAM 111 112 1 0.90
5 ABBA 147 169 22 14.97
6 FREN 312 298 -14 -4.49
7 BUMI 113 125 12 10.62
8 ERAA 1,495 1,585 90 6.02
9 UNTR 26,075 27,200 1,125 4.31
10 ESTI 109 100 -9 -8.26