Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Garda Oto Kembali Raih Gelar 'Indonesia Most Recommended Brand'

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Garda Oto kembali meraih gelar sebagai Indonesia Most Recommended Brand dalam ajang Word of Mouth Marketing Award 2015 untuk kategori asuransi mobil. Penghargaan ini diterima secara langsung oleh L. Iwan Pranoto selaku Head of Communication & Event di Hotel Intercontinental, Jakarta, pada Kamis, 13 Agustus 2015.

Word of Mouth Marketing Award adalah penghargaan yang diselenggarakan oleh Majalah SWA bekerjasama dengan Onbee Marketing Research. Tahun ini, survei dilakukan terhadap 3.011 responden berusia 15-55 tahun. Tujuannya yaitu untuk mengukur merek apa saja yang paling direkomendasikan pelanggan.

Adapun kriteria responden diklasifikasikan berdasar jenis kelamin dengan SES A hingga E. Teknik pemilihan responden menggunakan multistage random sampling. Booster ditambahkan pada beberapa kategori produk dengan purposive random sampling untuk keperluan asumsi analisis.

Sementara, wawancara dilakukan melalui tatap muka langsung dan Computer Assisted Telephone Interviewing dengan menggunakan daftar pertanyaan terstruktur. Surveinya sendiri dilakukan dari Maret sampai April 2015 di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Denpasar.

Metodologi survei untuk menghasilkan the most recommended brand ditentukan berdasarkan skor WOMM Index (WOMMI) tertinggi di tiap kategori produk. Skor dihitung melalui formulasi antara fungsi word of mouth (advocacy equity) dan fungsi jejaring sosial (network equity) sebagai faktor multiplier.

Fungsi word of mouth terdiri dari tiga variabel, yaitu: Talking (sejauh mana sebuah merek memiliki cerita menarik untuk diceritakan pelanggan), Promoting (bagaimana merek direkomendasikan dengan positif oleh pelanggan), Selling (bagaimana cerita tersebut bisa jadi faktor yang mengonversi orang lain untuk membeli produk yang direkomendasikan).

Sementara itu, jejaring sosial dalam survei WOMM ini menunjukkan sejauh mana penyebaran WOM sebuah merek dihubungkan dengan jaringan pertemanan yang dimiliki oleh pelanggan/pengguna. Variabel jejaring sosial sebagai pengali dari ketiga variabel advocacy index (word of mouth). Dari hasil pengalian tersebut, diperoleh peringkat WOMMI. Berdasarkan hasil WOMM 2015, dari 90 kategori merek di 12 industri, Garda Oto memperoleh nilai tertinggi sebesar 213,9.

Usai menerima penghargaan, L. Iwan Pranoto mengatakan bahwa WOMMA yang diterima Garda Oto tahun ini harus disikapi dengan semangat berkarya dan melayani.

"Apalagi sebentar lagi kita akan memperingati Hari Pelanggan Nasional, rasanya penghargaan ini bisa menjadi penyemangat untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan agar ke depan Garda Oto tetap menjadi merek yang paling banyak direkomendasikan oleh masyarakat," ujarnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Achmad Fauzi
Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: