Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

CIMB Niaga Siap Rebut Pasar 'E-commerce'

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Pertumbuhan pasar e-commerce (belanja online) dan pengguna media sosial di Indonesia terbilang cukup pesat. Tren belanja maupun transaksi perbankan secara online menjadi pilihan yang banyak digemari masyarakat saat ini.

Berdasarkan penelitian Mastercard yang dirilis awal tahun dengan judul MasterCard Online Shopping Behaviour Study, terungkap bahwa penetrasi belanja online di Indonesia sepanjang tahun 2014 meningkat secara tajam, yakni sebesar 70,6% dibandingkan dengan tahun sebelumnya yakni 55,8%.

Survei tersebut juga mengungkapkan aktivitas belanja online merupakan alasan kedua tertinggi dalam penggunaan internet, yakni sebesar 18,8%, di bawah aktivitas menerima dan mengirim email yang mencapai 22,4%. Jumlah aktivitas belanja online pengguna internet ini bahkan lebih tinggi dibandingkan aktivitas lain seperti browsing untuk memperoleh informasi (14,8%), membaca berita (11,8%), dan aktivitas lainnya.

Besarnya potensi tersebut membuat PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) langsung membidik pasar e-commerce dengan menghadirkan OctoPay dan Virtual Credit Card. Produk hasil kerja sama dengan MasterCard ini akan memberikan kemudahan dalam transaksi perbankan secara online berbasis aplikasi Facebook yang aman dan andal.

Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M Siahaan mengatakan produk ini sebagai solusi bagi nasabah yang ingin belanja online, namun tidak memiliki kartu kredit.

"Peluncuran OctoPay dan Virtual Credit Card ini semakin menguatkan posisi CIMB Niaga sebagai fasilitator transaksi e-commerce di Indonesia. Selain itu, inovasi ini sekaligus memberikan kemudahan bagi nasabah, terutama pengguna OctoPay yang belum memiliki kartu kredit dan banyak melakukan belanja secara online," ujar Tigor pada peluncuran OctoPay di Jakarta, Senin (21/9/2015).

Dengan pertumbuhan transaksi online yang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir dan yang akan datang, lanjut Tigor, pihaknya optimis kehadiran OctoPay akan mendapat sambutan yang baik dari masyarakat luas, terutama generasi muda yang aktif di media sosial dan gemar berbelanja melalui e-commerce.

"Saya merasa ini adalah the future banking. Kita mengetahui bagaimana e-banking terus berevolusi. Dari internet bankingmobile banking, rekening ponsel, hingga kita meluncurkan OctoPay ini. Ini potensi, kita melihat bagaimana pasar ini growing karena ada 70 juta lebih pengguna internet. Kita akan mengoptimalkan pangsa pasar yang potensial ini melalui rangkaian inovasi produk digital banking," jelasnya.

Diharapkan kerja sama yang dilaksanakan kali ini juga dapat turut menjadikan e-commerce sebagai pendukung percepatan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: