Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BSN Selenggarakan Pameran 'Indonesia Quality Expo 2015'

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Badan Standardisasi Nasional (BSN) kembali menyelenggarakan pameran Indonesia Quality Expo (IQE) 2015 pada tanggal 9-10 November dengan melibatkan 30 usaha kecil menengah (UKM), sebanyak 30 instansi pemerintah dan swasta.

"Kegiatan ini direncanakan akan dibuka Menristek Dikti Muhammad Nasir serta melibatkan instansi pemerintah dan swasta seperti PT. Pertamina Lubricants, Siemens, PT. Kencana Gemilang (Miyako), Petrokimia Gresik, Balai Sertifikasi Industri, serta Balai Metrologi Jakarta," kata Kepala Biro Hukum, Organisasi dan Humas BSN Budi Rahardjo di Jakarta, Kamis (29/10/2015).

Sementara itu, dari kelompok UKM akan menampilkan berbagai produk berkualitas seperti alat pertanian, pangan, fashion, dan aneka kuliner nusantara, katanya.

Ia mengatakan pameran IQE yang tahun ini mengambil tema "70 Tahun Merdeka: Standar Mempercepat Transformasi Indonesia Menuju Lebih Baik" diharapkan akan menjadi ajang dan wahana bagi stakeholder, untuk berbagi informasi standardisasi, saling berpromosi, serta menyatukan langkah bersama dalam mengangkat produk nasional Indonesia agar mampu berjaya di negeri sendiri maupun di pasar Asia Tenggara (ASEAN).

"Pameran IQE dilaksanakan juga untuk memperingati Hari Standar Dunia dan Bulan Mutu Nasional tahun 2015," ujarnya.

Budi mengatakan pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 pada 1 Januari 2016, tinggal hitungan bulan. Indonesia sebentar lagi akan menghadapi situasi dimana barang, jasa, tenaga kerja, modal, serta investasi mengalir bebas keluar masuk dari Indonesia ke negara-negara ASEAN atau sebaliknya.

"Era yang semakin bebas di kawasan ASEAN ini seharusnya dapat menjadi peluang bagi pelaku usaha di Indonesia untuk menguasai pasar ASEAN mengingat potensi produk unggulan dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas yang begitu besar," katanya.

Sejarah bulan Mutu Nasional itu sendiri dimulai sejak tahun 1991. Ketika itu, pada tanggal 5-7 Nopember 1991, di Jakarta, Presiden Republik Indonesia ke-2 Bapak Soeharto, menetapkan Bulan November sebagai Bulan Produktivitas dan Mutu Nasional.

Sejak berdiri tahun 1997, Badan Standardisasi Nasional (BSN) setiap tahun memperingati Bulan Mutu Nasional yang dikaitkan dengan Hari Standar Dunia yang jatuh pada tanggal 14 Oktober. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: