Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Musim Hujan, Telkom Siaga Hadapi Banjir

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Mengantisipasi datangnya musim hujan yang diperkirakan puncaknya jatuh pada Desember 2015-anuari 2016, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) siap dan waspada dengan melakukan Kick Off Crisis Management Team (CMT) Siaga Banjir dan Posko Banjir secara Nasional.

Direktur Network IT & Solution (NITS) Telkom Abdus Somad Arief menjelaskan salah satu kewajiban Telkom adalah senantiasa memenuhi janji kepada pelanggan dan stakeholder untuk memberikan pelayanan terbaik dalam keadaan apapun, termasuk pada saat terjadi banjir. Untuk itu dengan CMT yang sudah dimiliki, katanya, saat ini Telkom bersiap diri dan waspada mengantisipasi potensi terjadinya bencana banjir.

"Melalui implementasi CMT Siaga Banjir ini, Telkom berupaya mempertahankan tingkat layanan kepada pelanggan meskipun dalam kondisi bencana alam. Yang dilakukan antara lain menyiapkan skenario recovery layanan dan recovery infrastruktur serta melakukan testing, simulasi, dan latihan untuk memastikan kapan pun risiko bencana terjadi kita akan meminimalkan risiko," katanya dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu (13/12/2015).

Dijelaskannya, crisis management team adalah tim yang bergerak secara cepat bersama kelengkapannya dalam melakukan reaksi terhadap bencana. Mulai dari penyelamatan korban, aset, dan pemulihan layanan secepat-cepatnya, termasuk proses normalisasi seluruh Infrastruktur yang menjadi korban kejadian bencana.

"Kami menyiapkan CMT dalam tiga level, yaitu level nasional, regional, dan wilayah yang mempunyai koordinator masing-masing, antara lain dalam hal  tanggap darurat, pemulihan infrastruktur, pemulihan pelayanan, komunikasi internal dan eksternal, serta logistik," tambahnya.

Tak hanya dari segi menjaga layanan, Abdus menegaskan Telkom juga menyiapkan program Telkom Peduli Banjir yang merupakan bagian dari corporate social responsibility (CSR) yang berlandaskan pada planet (menjaga kelestarian lingkungan), people (mengembangkan bangsa dan budaya), dan profit (meningkatkan perekonomian masyarakat).

"Telkom peduli merupakan implementasi dari tanggung jawab sosial Telkom kepada lingkungan dengan menyiapkan tim tanggap darurat atau reaksi cepat penanggulangan banjir," ucapnya.

Ia menambahkan tim tanggap darurat atau reaksi cepat antara lain bertugas menyiapkan rescue team, peralatan tanggap darurat seperti tenda posko, mobil, perahu karet, genset emergency, dan peralatan komunikasi.

"Sedangkan untuk pemulihan infrastruktur bila terkena dampak banjir, Telkom telah menyiapkan sistem dual homing, back-up, dan redundancy seluruh infrastruktur, termasuk di dalamnya persiapan perangkat kontigensi (mobile genset, mobile battery, mobile VSAT). Yang tidak kalah pentingnya, Telkom juga menyiapakan sumber daya manusia yang siaga penuh berikut POSKO Siaga 247 yang selalu standby 24 jam selama tujuh hari seminggu dan siap menghadapi kondisi darurat," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: