Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

XL: MoodMusic Bukan untuk Curi Pulsa

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Layanan nada tunggu atau ringtone sempat mendapat sorotan lantaran dinilai sebagai operandi operator seluler dalam melakukan pencurian pulsa. Terkait hal ini, operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk mengatakan layanan MoodMusic yang mereka luncurkan akan memprioritaskan keamanan pelanggan.

Kepada Warta Ekonomi, General Communication XL Tri Wahyuningsih mengungkapkan kasus pencurian pulsa yang sempat mencuat pada tahun 2012 lebih banyak terkait SMS premium.

"Kalau layanan RBT itu bukan layanan SMS Premium, tapi termasuk ke layanan konten. Yang dimaksud layanan SMS Premium adalah layanan yang berbasis SMS, namun berharga premium, misallnya SMS kuis, SMS tips, dan lain-lain," ujarnya kepada Warta Ekonomi melalui aplikasi perpesanan, Rabu (13/1/2016).

Lebih lanjut, Tri Wahyuningsih mengatakan bahwa dari sisi perlindungan pelanggan, pengguna layanan MoodMusic akan diproteksi dengan cara berikut, yaitu

1. Tarif tranpasaran (karena satu tarif per bulan untuk RBT tanpa ada tambahan apa-apa).

2. Ada proses double confirmation sebelum proses berlangganan (harus berdasarkan persetujuan pelanggan).

3. Selalu ada notifikasi yang jelas dan transparan tentang layanan yang dipilih, mulai dari saat pre, aktivasi, dan post-aktivasi.

4. Sudah disiapkan medium untuk melakukan pengecekan layanan di 123*66# sehingga untuk berhenti berlangganan lebih mudah.

Layanan ini ditawarkan dengan mekanisme berlangganan. Selama masa promo berlaku gratis 30 hari pertama untuk pelanggan MoodMusic baru. Setelah masa promo berakhir, pelanggan bisa memilih tarif bulanan Rp 11.000/30 hari atau tarif mingguan Rp5.500/7 hari. Semua pelanggan XL, pra-bayar dan pasca-bayar, bisa mendapatkan layanan baru ini begitu juga pelanggan AXIS. Untuk mengatur lagu yang diinginkan sesuai mood, bisa dilakukan melalui *123*555#.

Dalam menyelenggarakan layanan MoodMusic ini, XL bekerja sama dengan Real Network Indonesia dan sejumlah perusahaan label musik sebagai penyedia konten. XL bekerja sama dengan 18 partner label musik. Mereka antara lain adalah Musica, Trinity Optima, Sani Music, Universal Musik Indonesia, Aquarius, Warner Music Indonesia, GP Records, Pelangi, Ascada, juga Alfa Records.

Diharapkan dengan MoodMusic, XL bisa menambah pelanggan layanan VAS berbasis musik. Hingga saat ini pelanggan RBT XL ada sekitar 2,5 juta pelanggan dari total sekitar sembilan juta pelanggan layanan VAS. RBT masih menjadi layanan VAS yang paling diminati.

Sekedar mengingatkan, operator telekomunikasi di Indonesia sempat diusut oleh Bareskrim Mabes Polri pada tahun 2012 lantaran kasus pencurian pulsa. Dikutip dari laman Tempo, Kabareskrim yang saat itu dijabat Komjend Sutarman mengungkapkan promosi layanan konten tidak memberikan penjelasan bahwa menekan REG akan mendapatkan dua layanan, yaitu SMS content dan RBT content.

"Akibatnya, banyak pelanggan yang merasa tertipu karena merasa tak pernah berlangganan banyak konten tapi pulsanya terus terpotong. Jumlahnya tak main-main. Untuk satu SMS konten, pulsa pelanggan dipotong Rp 2.200. Sedangkan untuk satu RBT konten, pulsa pelanggan terpotong Rp 3.300. Bayangkan jika satu pelanggan menerima 3-4 SMS dan RBT premium setiap hari," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Febri Kurnia
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: