Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini Lima Tren Keamanan Identitas Digital di 2016

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - HID Global telah mengidentifikasi tren keamanan di tahun 2016 yang didasarkan pada pemahaman mendalam para pelanggan dari berbagai bidang dan dengan berbagai percobaan serta penyebarluasan solusi-solusi mutakhir yang dimiliki perusahaan dengan bekerja sama dengan beberapa mitra dan perusahaan end-user di seluruh dunia.

Presiden dan CEO HID Global Stefan Widing mengatakan pihaknya menentukan lima poin penting yang memiliki dampak besar di tahun ini terhadap manajemen identitas dan akses serta identifikasi warga dan internet of things (IoT).

"Kami melihat beberapa perkembangan tren di tahun yang baru, seperti permintaan akan pengalaman pengguna yang lebih mobile-centric dan memuaskan yang HID Global percaya akan menjadi pendorong utama inovasi teknologi keamanan di tahun 2016. Pelanggan akan semakin menginginkan pengalaman keamanan identitas yang komprehensif untuk para pengguna mereka yang menjadi dasar terbentuknya solusi yang lebih fleksibel dan sesuai dalam era baru identitas digital yang saling terhubung dan internet of things," katanya di Jakarta, Senin (25/1/2016).

Berikut adalah tren yang berhasil HID Global himpun, yaitu

1. Memobilisasi Keamanan akan Menjadikannya Lebih Luas dan Personal

Gaya hidup identitas baru yang lebih aman akan tercipta dalam lingkup perangkat mobile yang telah ada saat ini. Fitur masuk ke komputer dan jaringan serta akses driver license dan aplikasi lainnya akan terhubung dengan fungsi keamanan pada ponsel, tablet, dan laptop. Begitupun dengan perangkat wearable dan ponsel yang terhubung dengan RFID untuk menambah keamanan dan kepercayaan terhadap IoT.

2. Keamanan akan Lebih Terfokus pada Pengalaman Pengguna

Langkah ini akan menghilangkan kesenjangan antara perencanaan dan kepatuhan (compliance) serta memastikan bahwa keamanan dapat beradaptasi dibandingkan dengan menentukan kebutuhan para pengguna dan gaya hidup mereka. Cara lama untuk memberikan otentikasi akan digantikan oleh alternatif lain yang lebih baik.

3. Aman, Identitas yang Saling Terhubung akan Lebih Efisien

Industri ini akan memasuki babak berikutnya dalam identitas terhubung, menggunakan strategi keamanan berlapis yang mencakup biometrik untuk menghubungkan identitas kepada masing-masing pemilik.

4. Akan Ada Lebih Banyak Perhatian pada Hak Pribadi

Identitas akan lebih diperluas tidak hanya tentang manusia dan identitas pribadi mereka terhadap identitas objek dan otentikasi, tapi juga memperhatikan kebutuhan akan perlindungan informasi pribadi di setiap perangkat, layanan, dan aplikasi yang saling terhubung.

5. Kebijakan Keamanan dan Praktik Terbaik akan Sama Pentingnya dengan Kemajuan Teknologi

Industri ini akan lebih terfokus tidak hanya pada apa yang harus disebarluaskan, tapi juga tentang bagaimana (cara menyebarluaskannya) - dari driver license digital pertama di Amerika Serikat hingga sistem manajemen terpadu agar perusahaan-perusahaan dapat lebih holistik dalam memberikan keamanan fasilitas dan informasi. Daripada hanya terfokus kepada cara untuk mencegah pelanggaran, industri juga dapat melakukan yang terbaik untuk mengendalikan apa yang akan terjadi berikutnya, sehingga identitas yang dicuri tidak akan dapat digunakan oleh si pencuri.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: