Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

PGN Siap Bangun 60 SPBG Hingga Tahun 2019

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk terus menambah infrastruktur gas bumi, salah satunya dengan membangun 60 unit stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) hingga 2019. Seluruh SPBG tersebut akan tersebar di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Batam, Lampung, Riau, dan Sumatera Utara.

"Mulai 2016 hingga 2019, kami merencanakan pembangunan SPBG sebanyak 60 unit," kata Direktur Utama PGN Hendi Prio Santoso di Jakarta, Rabu (10/2/2016).

Dia merinci 60 unit SPBG tersebut di antaranya akan berlokasi di DKI Jakarta sebanyak 26 unit, Jawa Barat 12 unit, Jawa Timur delapan unit, Banten lima unit, dan Riau dua unit. Selain itu, PGN juga akan membangun masing-masing satu SPBG di Batam, Lampung, Riau, dan Sumatera Utara.

Saat ini, tambah Hendi, PGN telah mengoperasikan lima unit SPBG dan menyalurkan gas bumi ke 14 SPBG mitra. Tak hanya itu, PGN juga menyalurkan gas bumi untuk sektor transportasi dengan menggunakan mobile refueling unit (MRU) di beberapa lokasi seperti Monas, Waduk Pluit, Grogol, dan Gresik.

"Saat ini gas bumi PGN sudah memasok bahan bakar untuk bus, bajaj, taksi, hingga kendaraan pribadi," ujarnya.

Pada tahun ini PGN menargetkan pembangunan 12 unit SPBG yang tersebar di beberapa wilayah. Pembangunan SPBG dilakukan oleh anak usaha PGN, PT Gagas Energi Indonesia (PGN Gagas). Bahkan, pada kuartal pertama 2016 ini PGN Gagas akan mengoperasikan beberapa SPBG baru.

"Beberapa SPBG ini berlokasi di Batam, Purwakarta, Sukabumi, Klender, dan Lampung," kata Direktur Utama PGN Gagas Danny Praditya.

Di Jakarta sendiri, pihaknya bekerja sama dengan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) mulai uji coba pengoperasian stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) di Ancol. SPBG ini nantinya akan memasok BBG ke delapan unit Bus Transjakarta koridor Ancol-Kampung Melayu.

Selain di Ancol, PGN Gagas dan BUMD milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini juga membangun MRU di Harmoni dan Pluit. Seluruh fasilitas pengisian bahan bakar gas (BBG) ini ditargetkan bisa beroperasi tahun ini juga.

"Ini merupakan bukti komitmen PGN untuk terus mengembangkan infrastruktur gas bumi, salah satunya SPBG," ungkap Danny.

Dengan adanya SPBG hingga MRU-Online ini, pihaknya berharap program langit biru dan konversi bahan bakar minyak (BBM) ke BBG yang telah dicanangkan oleh pemerintah tetap berkelanjutan.

"Ke depan diharapkan semakin banyak SPBG-SPBG yang akan dibangun khususnya di DKI Jakarta dan di seluruh daerah di Indonesia lainnya," ujarnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: