Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

2015, Turis Indonesia ke Jepang Naik 20 Persen

Warta Ekonomi -

WE Online, Medan - Japan National Tourism Organization (JNTO) mempromosikan wisata Jepang ke Medan dengan membawa 14 industri pariwisata dari travel agent (biro perjalanan), perhotelan, kuliner, sampai perusahaan suvenir.

Hal ini dikatakan oleh Director JNTO Perwakilan Jakarta Shuichi Sakano didampingi Manager JNTO Jakarta Kristiana. Disampaikan, promosi Jepang itu digelar hanya sehari saja.

Sakano mengatakan JNTO memang menargetkan turis muslim dari negara-negara di Asia Tenggara, khususnya dari Indonesia. Ia menyampaikan turis Indonesia tahun 2015 naik 20 persen dibanding tahun 2014.

"Kami perkenalkan daerah dan makanan muslim untuk menargetkan tingginya turis muslim ke Jepang," jelas Sakano di Medan, Jumat (4/3/2016) kemarin.

Lokasi menarik yang kini dijual JNTO antara lain Shirakawa-Go di Jepang Tengah yang diminati turis karena ada rumah-rumah tradisional dan kastil zaman dulu.

"Kini lokasi wisata mulai diminati Shirakawa Go dan Alphine Route di Jepang Tengah karena wisata budaya dengan mempertahankan rumah-rumah bangunan lama," jelasnya.

Untuk lolasi "rute emas" (golden route), yakni Tokyo-Gunung Fuji-Osaka, peminatnya tetap paling banyak karena merupakan kota utama yang patut dikunjungi turis dari seluruh dunia dibanding daerah lain di Jepang. "Golden route merupakan daerah favorit kunjungan wisata ke Jepang," ujarnya.

Kalau Tokyo merupakan ibukota, sedangkan di Osaka ada Universal Studio Japan dan Osaka Castil. Selain itu, daerah yang pernah dipromosikan adalah Wakayama. Rutenya, kalau dari Jakarta ke Osaka baru ke Wakayama dengan menempuh perjalanan darat selama satu jam. Jika ke Wakayama, biasanya harus mampir ke Kota Mie. Wakayama merupakan wisata budaya, banyak kastil dan ada air terjun langsung jatuh tanpa halangan di sana.

Menurutnya, turis Indonesia peringkat delapan Asia, di bawah Malaysia. Sedangkan untuk ASEAN, peringkat empat setelah Thailand, Singapura, dan Malaysia. Pada Januari 2016, total turis Indonesia ke Jepang sebanyak 13.700, naik 60 persen dibanding Januari 2015 sebanyak 9.683 orang. Sedangkan total turis dari Indonesia ke Jepang tahun selama tahun 2015 sebanyak 205.100 orang.

Sementara itu, total turis dari seluruh dunia ke Jepang sebanyak 19.737.400. Paling banyak Korea, Inggris, Prancis, dan Jerman.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: