Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tingkatkan Pangsa Pasar, KTB Hadirkan Tractor Head FZ 4928 dan FZ 4028

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), authorized distributor kendaraan Mitsubishi di Indonesia, memiliki kabar baik di tengah penurunan pasar selama tahun 2015 lalu, yaitu Mitsubishi Fuso berhasil mencapai 47% pangsa pasar di tengah persaingan yang semakin agresif.

Di kelas light duty truck (LDT) di mana si Kepala Kuning Colt Diesel menguasai 54,8% pangsa pasar di kelas tersebut, sedangkan di kelas medium duty truck (MDT), Fuso mencatat perolehan 23,8% pangsa pasar. Tak hanya pencapaian market share yang positif, Mitsubishi Fuso juga meluncurkan dua varian terbarunya yaitu Tractor Head FZ4928 dan FZ4028.

Presiden Direktur KTB Hisashi Ishimaki menyebut KTB mematok target penjualan unit Mitsubishi Fuso di 2016 sesuai dengan prediksi Gaikindo yang menyatakan pasar otomotif Indonesia akan tumbuh sekitar 5%.

"Secara volume kami targetkan naik 5% atau setara dengan 40.500 unit di 2016, namun untuk pangsa pasar kami mau tembus 50% dalam tiga tahun mendatang karena naik turun pasar itu hal yang bisa saja terjadi, namun yang terpenting pangsa pasarnya jangan sampai ikut turun," kata Ishimaki dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis (10/3/2016).

Untuk mewujudkan target tersebut, imbuhnya, KTB memiliki spirit "Andalan Bisnis Sejati" yang merupakan semangat menyediakan layanan yang berbeda dari layanan pada umumnya yang tercermin pada tiga pilar layanan, yaitu zero down time yang merupakan strategi mengedapankan fasilitas dan pelayanan after sales service dengan kualitas tinggi serta dapat dilaksanakan tanpa mengganggu waktu operasional kendaraan konsumen.

"Zero down time diwujudkan melalui layanan 24 jam berupa Truck Center yang hanya dimiliki oleh Mitsubishi Fuso dan tidak dapat ditemui di kompetitor lain karena biasanya layanan kendaraan niaga hanya dapat ditemukan pada jam kerja pada umumnya," ujarnya.

Kemudian, menurutnya, best life cycle value yang merupakan strategi untuk memberikan pilihan produk berkualitas sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing konsumen.

"Ketika kompetitor lain gencar memberikan discount, Mitsubishi Fuso fokus pada kualitas produk dan layanan purnajual yang diberikan," paparnya.

Strategi terakhir, ia menyampaikan customer's business consultant merupakan komunikasi yang baik antara KTB, dealer, dan konsumen.

"KTB secara konsisten menyelenggarakan gathering konsumen dan berjalan dengan baik tiap tahunnya. KTB mengembangkan dan membangun komunikasi dengan konsumen. Di sinilah kesempatan Mitsubishi Fuso untuk masuk ke dalam target market baru," tuturnya.

Tak ingin melewatkan peluang tersebut, Ishimaki menegaskan bahwa di tahun 2016 ini KTB akan melengkapi jajaran produknya dengan meluncurkan 10 varian baru.

"Sebagai tahap awal KTB menghadirkan Tractor Head FZ4928 dan FZ4028. Produk ini disasar untuk berbagai segmen usaha. Kedua produk ini dapat digunakan untuk mengangkut consumer goods, kargo ekspedisi, bahan konstruksi, car carrier, semen & pipa, minyak/mineral/bahan bakar," jelasnya.

Ishimaki menjelaskan bahwa keduanya memiliki spesifikasi yang hampir sama dan perbedaannya hanya terletak pada sistem penggerak. Disampaikan, Tractor Head FZ 4028 menggunakan sistem penggerak 4x2, sedangkan Tractor Head FZ 4928 menggunakan sistem penggerak 6x4.

"Keandalan Tractor Head ini telah dibuktikan melalui uji di berbagai tanjakan ekstrem dengan muatan maksimal, salah satunya adalah tanjakan Pancong yang terletak di Bandar Lampung. Dengan muatan 60 ton, Tractor Head mampu melibas tanjakan tanpa kendala," terangnya.

Sebelum dipasarkan, jelasnya, KTB melakukan uji coba ke beberapa konsumen serta pengemudi yang sebelumnya telah terbiasa membawa kendaraan sejenis. Dari hasil uji coba yang dilakukan, konsumen mengakui keunggulan produk baru ini, terutama dari segi pengendalian/pengoperasian, performance, keamanan, dan kenyamanan.

"Salah satu pengemudi yang berkesempatan mencoba produk terbaru ini mengatakan Tractor Head FZ4928 memiliki tenaga besar dan tetap stabil melewati tanjakan maupun jalan datar. Daya pengereman berfungsi sangat baik, sangat halus sehingga driver merasa aman dalam berkendara," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: