Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Perum Perhutani Terjun ke Bisnis 'E-Commerce'

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Perum Perhutani terus melebarkan sayap untuk meningkatkan pendapatan tahun ini. Perusahaan kehutanan milik negara ini tengah membentuk anak usaha yang bergerak di bidang penjualan kayu secara daring (online) dengan nilai transaksi Rp1,6 triliun per tahun.

Direktur Utama Perum Perhutani Mustoha Iskandar mengatakan bahwa sejak Januari 2016 perusahaan sudah mulai menjajakan kayu lewat situs tokoperhutani.com. Situs tersebut terwujud berkat sinergi dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom).

"Kalau e-commerce kayu baru Perhutani satu-satunya di dunia. Nanti arahnya memang akan ada anak perusahaan khusus penjualan dan pemasaran online," katanya di Jakarta, Sabtu (2/4/2016).

Di situs itu Perhutani menjajakan kayu-kayu bulat (log) yang dihasilkan dari hutan-hutan milik perusahaan di seluruh Jawa. Produk terlaris adalah jati dan mahoni.

Meski baru dalam tahap merintis, transaksi yang tercatat lewat penjualan online sudah mencapai Rp2 miliar per hari. Seiring berjalannya waktu, Perhutani menargetkan penjualan senilai Rp10 miliar per hari atau dalam setahun bisa meraup Rp1,6 triliun.

"Kami menargetkan 80% dari penjualan kayu lewat online. Jadi, harus bisa Rp10 miliar per hari. Untuk menggenjot sektor ini pada awal Februari lalu pemerintah telah menuntaskan peta jalan industri e-commerce dan rencananya disusul dengan sebuah payung hukum," jelasnya.

Mustoha mengatakan perdagangan daring akan memudahkan para pembeli. Biasanya, konsumen harus turun langsung ke hutan-hutan Perhutani bila membeli kayu-kayu tersebut.

"Tapi, kini tidak perlu lagi face to face, tidak ada lagi gray area. Dari segi waktu ini lebih efisien," katanya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: