Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jokowi Resmi Buka 'Indonesia E-Commerce Summit 2016'

Warta Ekonomi -

WE Online, Tangerang - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka Indonesia E-Commerce Summit and Expo (IESE) di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang, Rabu (27/4/2016).

Dari pantauan Warta Ekonomi, Jokowi didampingi beberapa menteri dari Kabinet Kerja antara lain Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Lembong, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, dan Gubernur Banten Rano Karno.

Ketua Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Daniel Tumiwa mengatakan ajang IESE tahun ini merupakan yang pertama kali diadakan.

"Dihadiri berbagai stakeholder industri berkumpul di antaranya 600 delegasi yang akan mengikuti summit, 1.350 peserta workshop, dan 150 exhibitor dan diharapkan lebih dari 5.000 pengunjung pameran selama tiga hari ke depan," kata Daniel dalam sambutannya.

Daniel mengatakan pesatnya perkembangan internet dan mulai bergeraknya e-commerce di Indonesia mendorong pemerintah untuk bergegas mengambil sikap. Di tahun 2008 pemerintah mengesahkan Undang-Undang Informasi Transaksi Elektronik (ITE). Diikuti Bank Indonesia (BI) yang mengeluarkan peraturan tentang e-money di tahun berikutnya.

Daniel mengungkapkan revolusi yang didorong inovasi teknologi informasi membuat perkembangan e-commerce semakin tidak terbendung.

"Di tahun 2010 Nadiem Makarim mendirikan Gojek. Tahun 2011 situs penjualan tiket online atau tiket.com diluncurkan. Diikuti dengan traveloka di tahun berikutnya," tambahnya.

Acara IESE diselenggarakan oleh Asosiasi E-Commerce Indonesia (IDEA) dan Dyandra Promosindo sebagai forum pertemuan bergengsi para pemangku kepentingan industri e-commerce. Dengan mengangkat tema The New Digital Energy of Asia acara yang digelar tiga hari ke depan akan menghadirkan 72 pembicara baik dari lokal maupun internasional.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: