Portal Berita Ekonomi Sabtu, 29 Februari 2020

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 09:59 WIB. Straits Times - 3.142 (24/2), 3.158 (25/2), 3.117 (26/2), 3.111 (27/2), 3.011 (28/2).
  • 09:58 WIB. IHSG - 5.807 (24/2), 5.787 (25/2), 5.688 (26/2), 5.535 (27/2), 5.452 (28/2).
  • 09:56 WIB. KOSPI - 2.079 (24/2), 2.103 (25/2), 2.076 (26/2), 2.054 (27/2), 1.987 (28/2).
  • 09:54 WIB. Hang Seng - 26.820 (24/2), 26.893 (25/2), 26.696 (26/2), 26.778 (27/2), 26.129 (28/2).
  • 09:30 WIB. Shanghai Composite - 3.031 (24/2), 3.013 (25/2), 2.987 (26/2), 2.991 (27/2), 2.880 (28/2).
  • 09:27 WIB. Nikkei 225 - 22.605 (25/2), 22.426 (26/2), 21.948 (27/2), 21.142 (28/2).
  • 09:25 WIB. FTSE 100 - 7.156 (24/2), 7.017 (25/2), 7.042 (26/2), 6.796 (27/2), 6.580 (28/2).
  • 09:23 WIB. S&P 500 - 3.225 (24/2), 3.128 (25/2), 3.116 (26/2), 2.978 (27/2), 2.954 (28/2).
  • 09:22 WIB. Dow Jones - 27.960 (24/2), 27.081 (25/2), 26.957 (26/2), 25.766 (27/2), 25.409 (28/2).
  • 09:19 WIB. Nasdaq - 9.079 (24/2), 8.834 (25/2), 8.873 (26/2), 8.436 (27/2), 8.461 (28/2).

Yuswohady: Tiga Inovasi Pemasaran

Yuswohady: Tiga Inovasi Pemasaran - Warta Ekonomi

WEOnline, Jakarta- 1.0. Saya membagi inovasi di bidang pemasaran menjadi tiga. Inovasi pertama adalah adalah inovasi yang memungkinkan Anda mengungguli pesaing (outsmarting the competitor). Inovasi jenis ini adalah inovasi yang paling dasar dan paling gampang. Kunci sederhana saja, pertama-tama Anda identifikasi faktor-faktor sukses di dalam industri Anda (industry key success factor), lalu lakukan benchmarking ke pesaing Anda, dan kemudian berdasarkan benchmarking itu Anda lakukan inovasi untuk mengungguli pesaing Anda.

Caranya gimana? Macam-macam, misalnya Anda melakukan inovasi dengan menciptakan produk dengan kualitas yang lebih baik, atau  harganya lebih murah, atau bisa juga memberikan layanan yang lebih cepat. Singkatnya, dalam inovasi 1.0 ini Anda berjuang untuk menjadi lebih baik. Mantranya: “Be better, be cheaper, be faster”. Inilah yang terjadi di bisnis operator seluler.

2.0. Sayangnya,be better, be cheaper, be faster dan apa-apa yang berbau “er” saja tidak cukup. Anda harus beda. Anda harus unik. Anda harus berpikir lateral bukan linear. Mindset “menjadi lebih baik” adalah mindset marketer yang berpikir linear. Untuk beda Anda harus punya mindset berpikir lateral. Seorang bijak mengatakan, “It’s better to be a little bit different, than to be a little bit better.” “Lebih baik beda sedikit ketimbang lebih baik sedikit”

Bagaimana caranya untuk bisa beda dari pesaing? Resepnya gampang, jangan waktu Anda habis untuk melakukan benchmarking ke pesaing. Radar penciuman Anda harus diarahkan justru bukan ke pesaing tapi ke pelanggan. Anda harus lebih customer-focused ketimbang competitor-focused. Karena itu untuk beda Anda harus melakukan inovasi yang tingkatannya lebih tinggi dan tentu saja lebih sulit, yaitu inovasi 2.0. Apa itu? Yaitu inovasi dengan cara membangun perbedaan (being different) di mata konsumen.

 

Starbuck menciptakan perbedaan dengan membangun kedekatan dengan pelanggan dengan menempatkan dirinya sebagai “the third place di antara kantor dan rumah. Begitu juga Harley Davidson membangun perbedaan melalui penciptaan spiritualconnection dengan konsumen fanatiknya (para bikers) dalam sebuah keluarga besar Harley Owners Club. IKEA membangun perbedaan dengan konsep produk dan layanan yang convenience, lowcost, namun tetap cool.

3.0. Kalau ada inovasi 1.0 dan 2.0, lalu bagaimana dengan inovasi 3.0? Ini lebih canggih lagi, lebih njlimet, dan jauh lebih sulit untuk mencapainya. Kalau inovasi 1.0 adalah “outsmarting the competitor”; inovasi 2.0 adalah “beingdifferent”; maka inovasi 3.0 saya sebut sebagai “transforming the company”. Apa maksudnya? Di inovasi 3.0 Anda harus mentransformasi perusahaan Anda agar luput dari perubahan lingkungan bisnis yang cepat dan ganas. Kenapa sulit? Karena inovasi 3.0 biasanya menuntut Anda merubah secara mendasar DNA perusahaan Anda. Kalau DNA perusahaan Anda berubah, pastilah semuanya akan berubah: orang Anda, organisasi Anda, sistem Anda, kompetensi Anda, strategi Anda, pokoknya semuanya berubah.

Coba lihat beberapa contoh berikut. Awalnya Apple adalah “computer company” dengan membikin Mac, lalu dia hampir saja bangkrut, dan kemudian mentransformasi diri menjadi “digital music company” dengan iPod dan iTunes-nya. Dengan suksesnya Apple Store sebagai peritel paling profitable sejagat, Apple juga mentransformasi diri dari sekedar “technology company” menjadi juga “retail company”. Dengan inovasi 3.0 ini kita tahu Apple mampu lolos dari lubang jarum kebangkrutan.

Google melakukan creative disruption dengan membentuk organisasi payung Alphabet beberapa waktu lalu. Dengan inovasi 3.0, Google mentransformasi diri dari sebatas layanan search engine menjadi beragam bisnis mulai dari teknologi informasi (Google), investasi (Google Venture), modal ventura (Google Capital), otomotif (GoogleX), lifescience (Verily), biotek (Calico), layanan pita lebar (Google Fiber), home automation (Nest Lab), dan sebagainya.

Saya mengatakan inovasi adalah sumber pertumbuhan yang tak ada matinya. Melalui inovasi, Anda akan bisa tetap tumbuh double-digit walaupun industri Anda tumbuh minus. Pendek kata, lakukanlah inovasi untuk mendongkrak pertumbuhan Anda. Kalau bisa inovasi 3.0, kalau nggak bisa inovasi 2.0, atau kalau masih nggak bisa ya inovasi 1.0.

 

Yuswohady

Managing Partner, Inventure

 

 

Baca Juga

Tag: pemasaran, Yuswohady

Penulis: Redaksi WE Online

Editor: Arif Hatta

Foto: Yuswohady

loading...
Kurs Rupiah
Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,811.97 3,773.23
British Pound GBP 1.00 18,437.93 18,248.81
China Yuan CNY 1.00 2,042.08 2,021.50
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,305.17 14,162.83
Dolar Australia AUD 1.00 9,384.19 9,287.98
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,834.82 1,816.45
Dolar Singapura SGD 1.00 10,239.92 10,134.40
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,719.95 15,562.12
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,393.87 3,356.12
Yen Jepang JPY 100.00 13,084.40 12,953.02
Ringkasan BEI
No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5452.704 -82.990 682
2 Agriculture 1156.743 -50.789 22
3 Mining 1339.068 -29.655 49
4 Basic Industry and Chemicals 758.761 -11.631 77
5 Miscellanous Industry 989.388 -61.478 51
6 Consumer Goods 1742.939 -57.034 57
7 Cons., Property & Real Estate 427.133 -6.007 88
8 Infrastruc., Utility & Trans. 956.774 -8.995 78
9 Finance 1249.335 -4.431 92
10 Trade & Service 671.288 -5.587 168
No Code Prev Close Change %
1 YPAS 134 179 45 33.58
2 KPAL 110 143 33 30.00
3 MTSM 170 220 50 29.41
4 COCO 720 895 175 24.31
5 NICK 278 342 64 23.02
6 VRNA 100 120 20 20.00
7 MEGA 5,400 6,400 1,000 18.52
8 JECC 5,700 6,575 875 15.35
9 RALS 900 1,035 135 15.00
10 DWGL 260 296 36 13.85
No Code Prev Close Change %
1 REAL 96 64 -32 -33.33
2 BBMD 2,340 1,755 -585 -25.00
3 ZONE 486 368 -118 -24.28
4 LMSH 204 157 -47 -23.04
5 LMAS 74 58 -16 -21.62
6 STTP 10,000 8,000 -2,000 -20.00
7 DMMX 149 120 -29 -19.46
8 JMAS 620 500 -120 -19.35
9 HDIT 595 482 -113 -18.99
10 CAMP 262 214 -48 -18.32
No Code Prev Close Change %
1 BBRI 4,130 4,190 60 1.45
2 MNCN 1,290 1,285 -5 -0.39
3 BBCA 31,450 31,450 0 0.00
4 TLKM 3,470 3,490 20 0.58
5 PGAS 1,385 1,280 -105 -7.58
6 BMRI 7,350 7,275 -75 -1.02
7 ANTM 600 575 -25 -4.17
8 UNVR 7,150 6,825 -325 -4.55
9 TOWR 835 805 -30 -3.59
10 ASII 5,950 5,525 -425 -7.14